10 Langkah Pertolongan Pertama Asam Urat

10 Langkah Pertolongan Pertama Asam Urat

Pertolongan pertama asam urat sangat penting diketahui oleh semua orang, sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat saat seseorang mengalami asam urat. Penyakit yang disebut juga dengan gout ini adalah bentuk artritis akibat inflamasi atau penumpukan kristal asam urat yang sangat menyakitkan. Akibatnya, sendi jadi kaku dan bengkak. Penyakit ini juga sering dikaitkan dengan faktor genetika, bukan sebagai konsekuensi gaya hidup. Namun, asam urat dapat diperburuk oleh obesitas dan diet.

Faktor risiko asam urat

Umumnya, seorang wanita lebih berisiko mengalami asam urat, terutama setelah menopause. Di sisi lain, seseorang lebih berisiko mengalami asam urat apabila memiliki riwayat penyakit berikut:

  • Diabetes.
  • Gagal jantung kongestif.
  • Sindrom metabolik.
  • Kolesterol tinggi.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Penyakit ginjal dan obat yang diminumnya dapat meningkatkan kadar asam urat.

10 Tahap pertolongan pertama asam urat

Selama serangan asam urat terjadi, sendi yang terkena menjadi bengkak, terasa hangat saat disentuh, dan tampak sangat merah. Bahkan, tekanan sekecil apa pun pada sendi bisa terasa sangat menyakitkan. Umumnya, serangan gout lebih sering terjadi di tengah malam dan dimulai di jempol kaki.

Jangan sampai salah, ikutilah 10 langkah pertolongan pertama asam urat berikut ini:

  1. Segera temui dokter

Ya, pertolongan pertama asam urat adalah segera menemui dokter. Asam urat adalah salah satu penyakit yang sulit terdiagnosis, karena data tentang cara mengobatinya masih sangat minim. Semakin cepat pengobatan dan penanganan nyeri diberikan, semakin cepat seseorang bisa pulih kembali.

  1. Minum obat antiinflamasi yang tepat

Pertolongan pertama asam urat juga bisa dengan mengonsumsi obat antiinflamasi yang tepat. Ada tiga jenis obat yang efektif, yaitu: 

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen sodium.
  • Obat steroid resep.
  • Obat antiinflamasi resep yang disebut colchicine, yang memengaruhi cara tubuh bereaksi terhadap kristal asam urat. 

Dokter Anda akan mencari tahu obat mana yang terbaik untuk kondisi dan kebutuhan tubuh Anda. Misalnya, NSAID tidak sesuai jika Anda juga menderita penyakit ginjal, dan obat steroid dapat memperburuk gula darah jika Anda juga menderita diabetes.

  1. Pastikan bagian yang membengkak bebas dari gangguan

Seseorang yang terserang gout akan mengalami sangat kesakitan meskipun sedikit tekanan pada area yang terkena. Banyak pula penderita asam urat yang melaporkan dirinya bahkan tidak tahan berada di bawah selimut. Jadi, pastikan tidak ada hal apapun yang mengganggu sendi saat membengkak.

  1. Istirahat dan angkat

Istirahatkan kaki yang terkena dan jaga agar tetap terangkat setinggi mungkin.

  1. Kompres es

Kompres es adalah salah satu pertolongan pertama asam urat yang mudah dilakukan setelah mengistirahatkan kaki dan mengangkatnya setinggi mungkin. Kompres dengan kantong es pada bagian yang bengkak secara pelan-pelan, atau mintalah bantuan orang terdekat jika tidak sanggup melakukannya sendiri.

  1. Perhatikan diet Anda!

Kadar asam urat bisa dikontrol dengan membatasi konsumsi makanan tinggi purin, termasuk daging merah, jeroan, makanan laut, dan alkohol (bir dan minuman keras).

  1. Jaga tubuh tetap terhidrasi.

Minum air putih akan membantu membersihkan kristal asam urat, sehingga kelebihan asam urat bisa dikeluarkan dari tubuh. Upayakan agar cukup minum untuk buang air kecil setiap dua sampai tiga jam.

  1. Lakukan yoga atau meditasi

Serangan asam urat bisa diminimalisir kekambuhannya dengan melakukan meditasi, yoga, kewaspadaan, dan pencitraan terpandu. Ini juga bisa menjadi langkah pertolongan pertama asam urat untuk meredakan rasa sakit.

  1. Terus berikan dukungan

Banyak pasien yang menderita asam urat merasa stres menghadapinya. Jadi, jika seseorang dalam keluarga atau kerabat Anda mengalaminya, dukunglah dan berikan bantuan kepadanya, terutama saat kambuh. 

  1. Temui dokter jika mengalami serangan berulang

Beberapa pasien bisa mengurangi risiko kekambuhan serangan asam urat. Faktanya, sekitar 62% pasien akan menghadapi serangan berikutnya lebih dari satu tahun lagi. Beberapa tidak akan mengalami serangan lagi dalam 10 tahun ke depan. Namun, jika Anda mulai mengalami serangan yang lebih sering, diskusikan dengan dokter Anda tentang langkah pengobatan terbaik.

Inilah 10 langkah pertolongan pertama asam urat yang bisa dilakukan saat seseorang mengalami serangan asam urat. Hal yang terpenting adalah segera membawanya ke dokter. Selama dalam perjalanan ke rumah sakit, bantulah meredakan rasa sakitnya dengan mengangkat kaki yang terkena atau mengompresnya dengan es.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *