3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Hadirnya ketombe sering kali membuat kepala menjadi gatal dan kulit kepala menjadi bersisik. Bahkan tidak jarang membuat rambut terlihat kusam karena adanya noda putih jerawat yang bertebaran. Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya ketombe, salah satunya kondisi kulit kepala yang kering sehingga dapat menyebabkan pengelupasan. Nah, berikut ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami. Bahan-bahan yang perlu Anda gunakan pun sangat mudah ditemukan.

Apa itu ketombe?

Ketombe merupakan sel kulit mati yang mengelupas dari kulit kepala Anda dan muncul di sekitar kulit kepala dan di rambut Anda sebagai serpihan putih. Hal ini biasanya terjadi ketika kulit kepala Anda iritasi atau Anda menderita kondisi kulit seperti dermatitis seboroik.

Kulit kepala kering bisa menjadi pertanda munculnya ketombe. Kulit kepala yang kering biasanya terjadi ketika kulit kepala kekurangan minyak dan kelembapannya. Minyak di kulit kepala akan membantu mengondisikan rambut dan kulit, tetapi ketika kulit kepala kering, dan kulit kering cenderung mengelupas, dan dalam banyak kasus dapat menyebabkan ketombe.

Ketika munculnya ketombe, kulit kepala akan terasa gatal yang juga dikenal sebagai Acalp pruritus, yaitu kondisi umum di mana kulit kepala Anda menjadi sangat gatal. Kulit kepala yang gatal biasanya disebabkan oleh ketombe dan dermatitis seboroik (kondisi kulit yang meradang).

Mengobati kulit kepala karena ketombe

Banyak cara menghilangkan ketombe dengan cara alami, beberapa di antaranya sebagai berikut yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah.

  • Menggunakan soda kue

Bubuk soda kue tidak hanya luar biasa ketika digunakan untuk memanggang kue saja, tetapi juga merupakan disinfektan yang ampuh untuk memersihkan apapun, termasuk kulit kepala Anda dari ketombe. Soda kue dapat menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala, dengan begitu dapat menghilangkan ketombe. Soda kue  juga merupakan antiseptik alami, serta membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, menjadikannya sampo ketombe yang baik. Caranya:

  • Campurkan 2 sendok makan soda kue dengan air sampai menjadi pasta yang sempurna.
  • Untuk hasil yang terbaik, bagi rambut menjadi beberapa bagian dan oleskan beberapa tetes minyak zaitun sebelum mengoleskan pasta ke kulit kepala, setelah itu biarkan selama 5-10 menit.
  • Bilas campuran di kepala hingga bersih. Untuk hasil terbaik, ulangi metode ini secara teratur, atau paling tidak dua kali seminggu.
  • Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk ketombe, karena memiliki sifat probiotik dan anti radang yang dapat membunuh virus serta jamur penyebab gatal pada kulit kepala. Sifat anti-peradangannya akan meredakan iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe, sedangkan keasaman yang tingi membuat bakteri dan jamur lebih sulit tumbuh dan menyebabkan ketombe. Cuka sari apel yang berfungsi sebagai kondisioner ringan, akan menenangkan kulit kepala dan menambah kilau rambut. Caranya:

  • Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan setengan cangkir air. Perbandingan 1:1.
  • Setelah tercampur, siramkan ke kepala dan pijat kulit kepala dengan lembut, lalu biarkan sekitar 10-15 menit.
  • Bilas dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini secara teratur setiap  beberapa hari sampai Anda mulai melihat hasilnya.
  • Perasan lemon

Lemon mengandung antiseptik, karena itulah lemon merupakan obat rumahan yang baik untuk kulit kepala yang gatal serta kering. Jus lemon atau perasan jeruk lemon, sama seperti cuka sari apel, memiliki sifat asam dan karenanya dapat mengubah tingkat pH kulit kepala. Hal ini akan membantu membasmi bakteri dan jamur penyebab ketombe yang tidak diinginkan. Perlu diingatkan, bagaimana pun, tingkat pH kulit kepala Anda dapat berubah sepanjang hari. Cara alami membuat perawatan dengan lemon:

Pijat bua lemon segar ke kulit kepala Anda, pastikan seluruhnya telah tertutupi. Lalu biarkan selama 5 menit dan bilas. Disarankan untuk menguji setetes perasan lemon di bagian kecil kulit kepala Anda terlebih dahulu, jika benar-benar terasa perih, Anda bisa mengencerkan dengan tambahan sedikit air. Lakukan metode ini setidaknya setiap hari sampai rasa gatal akibat ketombe hilang.

Pada dasarnya, banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, tiga diantaranya seperti penjelasan di atas. Anda dapat mencoba mempraktekkannya engan mudah di rumah. Jadi, metode mana dulu yang mau Anda coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *