5 Cara Unik Mengatasi Komedo Membandel dengan Pore Pack

Dihantui komedo putih dan komedo hitam yang terus datang di daerah hidung memang sangat mengganggu penampilan. Sebab, komedo tersebut bisa terlihat dengan jelas jika tidak ditutupi dengan bantuan makeup.

Karena itu, muncul produk yang bisa membantu mengatasi komedo membandel di hidung yaitu pore pack atau pore strip. Selain produk ini sangat mudah untuk digunakan, pore pack juga bisa ditemukan dimana saja dan dibeli dengan harga yang murah.

Pore pack sering jadi salah satu cara menghilangkan komedo membandel di hidung yang paling mudah

Sensasi menyenangkan ketika menggunakan pore pack adalah ketika komedo yang terangkat banyak hingga membuat daerah hidung menjadi lebih halus dan lembut. Tapi sayangnya, terkadang komedo yang terangkat hanya sedikit!

Jangan khawatir, SehatQ telah merangkum 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penggunaan pore pack dalam mengatasi komedo membandel di hidung:

  1. Melakukan proses steaming wajah terlebih dahulu

Tahukah kamu salah satu hal yang bisa memaksimalkan proses pore pack mengangkat komedo adalah steaming wajah? Cara ini penting agar pori-pori wajah kita “terbuka”, sehingga pore pack bisa mengangkat komedo yang ada di hidung dengan lebih maksimal. Selain itu, proses steaming wajah juga dapat membuat komedo membandel yang bersarang di hidung menjadi lebih lunak, sehingga akan memudahkan pore pack untuk mengangkatnya dengan maksimal.

  1. Scrub bagian hidung dengan jeruk nipis, lemon, atau baking soda

Cara ini sebenarnya cukup banyak menuai pro dan kontra karena baik lemon ataupun jeruk nipis memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Anda mungkin akan merasakan sensasi perih dan hal tersebut dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit yang sensitif.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Anda menghindari cara ini dan menggunakan cara lain yang lebih aman. Namun jika Anda memiliki kulit normal dan ingin mencoba, caranya sangat mudah.

Untuk baking soda, Anda hanya perlu mencampurkan air dengan baking soda dan kemudian kompres bagian hidung dengan campuran tersebut selama beberapa menit sebelum pore pack ditempelkan. Untuk jeruk nipis dan lemon, Anda hanya perlu membasahi hidung menggunakan air perasa jeruk nipis atau lemon sebelum menempelkan pore pack.

  1. Mengompres hidung sejenak dengan BHA

BHA merupakan salah satu produk skincare yang paling laku untuk eksfoliasi wajah. Sebagai produk chemical exfoliator, BHA mampu bekerja untuk mengeksfoliasi kulit secara mendalam dan mengatasi komedo membandel yang ada di wajah. Maka dari itu, mengompres hidung dengan menggunakan skincare yang mengandung BHA (biasanya toner) dipercaya dapat membantu pore pack mengangkat komedo dengan lebih maksimal.

  1. Menggunakan masker clay mask terlebih dahulu

Sebelum menggunakan pore pack, Anda bisa menggunakan masker clay mask terlebih dahulu. Selain untuk membersihkan wajah dengan lebih maksimal, clay mask dipercaya mampu membuat komedo di wajah semakin menonjol sehingga dapat memudahkan pore pack mengangkat komedo yang ada.

Clay mask juga mampu menyerap minyak di wajah sehingga pore pack dapat menempel dengan lebih sempurna.

  1. Lepaskan pore pack dari bawah ke atas

Cara terakhir untuk memaksimalkan penggunaan pore pack adalah dengan melepaskannya dari bawah ke atas. Cara ini dipercaya mampu mengangkat komedo yang ada dengan lebih maksimal dibandingkan jika dilepas dengan arah yang sebaliknya.

Efek samping penggunaan pore pack

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk mengangkat komedo di hidung, ternyata pore pack memiliki efek samping yang mungkin terjadi. Pore pack seringkali menghilangkan komedo sekaligus mengangkat sel-sel kulit yang sehat di wajah.

Selain itu, penggunaan pore pack dapat membuat pori-pori semakin besar jika dilakukan secara sering dan terus menerus. Untuk orang-orang dengan kulit sensitif, penggunaan pore pack juga cukup beresiko dimana perekat pore pack yang terlalu kuat mungkin akan membuat kulit sensitif menjadi meradang atau iritasi.

Pore pack tidak bisa menghilangkan komedo secara permanen, sehingga Anda harus rajin membersihkannya jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Temukan aneka pilihan pore pack lengkap di website atau aplikasi SehatQ yang dapat Anda download melalui Google / Play Store dengan praktis. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah jerawat, komedo, ataupun masalah kulit wajah lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *