6 Jenis Teh Herbal yang Kaya Manfaat

Sering mendengar nasihat tidak ketika Anda sedang pusing, lemas, atau flu sekalipun, orang tua akan menyuruh untuk mengonsumsi teh. Ini bukan mitos! Nyatanya dengan mengonsumsi teh herbal yang tepat, berbagai macam keluhan kesehatan bisa teratasi. 

Jenis teh herbal antara lain teh chamomile, hijau, teh peppermint, dan teh bunga telang

Jangan bayangkan teh hanya seduhan daun teh pada umumnya. Teh herbal adalah seduhan bahan alami kaya manfaat. Jadi jangan heran, jika seseorang sedang minum jahe yang diseduh air panas, lalu menyebutnya sebagai teh herbal. 

Teh herbal banyak jenisnya. Manfaatnya pun beraneka ragam. Berikut ini adalah beberapa jenis teh jahe yang populer dan memiliki segudang manfaat yang membuat Anda tambah sehat. Soal rasa dan aroma pun, teh-teh herbal di bawah ini boleh diadu. 

Teh Akar Ginseng 

Teh akar ginseng awalnya hanya populer di Korea. Namun, perlahan-lahan orang-orang mulai menyadari minuman yang memiliki rasa dan aroma yang kuat ini menjadi obat untuk beragam penyakit kronis. Mengkonsumsi teh herbal ini disebut-sebut dapat mengontrol tekanan darah, glukosa, sampai membawa keseimbangan hormonal. Jadi, Anda pun bisa terhindar dari risiko penyakit diabetes, hipertensi, sampai jantung. Selain itu, teh yang kaya antioksidan dan bersifat anti inflamasi ini juga sangat baik untuk menyegarkan badan sampai meningkatkan memori Anda. 

Teh Jahe 

Sama seperti teh akar ginseng, seduhan teh herbal yang satu ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal berbagai penyakit menghampiri Anda. Pasalnya, antioksidan pada teh jahe dapat membantu melawan peradangan dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Namun pada umumnya, orang yang merasa mual akan cepat membaik ketika mengonsumsi jenis teh herbal yang satu ini. Berbagai gangguan pencernaan lainnya, seperti sembelit atau diare, juga bisa cepat teratasi dengan mengonsumsi minuman ini. 

Teh Sereh 

Ini merupakan salah satu jenis teh herbal yang paling populer. Rasanya pun sangat menyegarkan dan menenangkan ketika menyeruputnya. Sereh sendiri memiliki beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan kulit maupun rambut. Tidak hanya itu, teh ini cocok untuk diet karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lebih banyak kalori. Yang tidak kalah penting, teh sereh juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Penderita anemia wajib mengonsumsi teh herbal ini!

Teh Lemon Balm 

Teh lemon balm memiliki rasa lemon yang ringan. Selain rasanya yang menyegarkan ini, teh lemon balm terbukti mampu meningkatkan elastisitas arteri. Alhasil, risiko terkait beragam penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, sampai penurunan mental bisa dikurangi. Selain itu, mengonsumsi teh herbal ini secara rutin juga dapat meningkatkan elastisitas kulit yang menghindarkan Anda dari gejala penuaan pada kulit, seperti garis-garis halus maupun keriput. 

Teh Daun Kelor 

Dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan mineral, teh herbal daun kelor menawarkan senyawa bergizi yang penting untuk kesehatan. Rasa minuman ini mirip dengan teh hijau. Manfaatnya sendiri sangat luar biasa, mulai dari mencegah keracunan arsenik, meningkatkan gairah seksual, sampai dengan mengurangi resistensi insulin yang berpengaruh baik untuk menstabilkan gula darah Anda. 

Teh Peppermint 

Ini dia pilihan teh herbal lain yang sangat populer. Teh peppermint memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan. Menyeruput teh ini bisa memberikan efek menenangkan, sekaligus menawarkan berbagai manfaat untuk kecantikan. Anda yang suka mengalami masalah kram menstruasi, tidak ada salahnya pula menjajal teh peppermint untuk mengurangi gejala kram tersebut. 

Teh herbal apa yang sudah pernah Anda cicipi? Apakah manfaatnya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau Anda perlu menjajal jenis teh herbal lainnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *