Bagaimana Cara Memilih Popok Bayi yang Bagus?

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut kehadiran si kecil. Salah satunya adalah popok. Hal ini menjadi penting karena popok merupakan kebutuhan utama untuk bayi yang baru lahir. Memilih popok bayi yang bagus pun harus diperhatikan dan tidak boleh asal pilih. Pemilihan popok ini akan mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Pemilihan popok bayi yang bagus ini memerlukan beberapa hal agar popok yang dipakai justru tidak menimbulkan masalah baru untuk si kecil. Pemilihan popok bayi juga harus memperhatikan kebutuhannya sehingga dapat dilihat popok jenis apa yang harus dipilih dan dipakai.

Popok bayi adalah salah satu barang krusial yang wajib dibeli oleh para orang tua

Jenis – jenis popok bayi

Ada dua jenis popok bayi yang umumnya beredar di masyarakat. Kedua jenis ini adalah jenis yang paling dicari oleh para ibu – ibu. 

  1. Popok kain

Popok jenis kain ini lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan dengan popok biasa sekali pakai. Jenis popok kain ini tersedia beberapa variasi berdasarkan dari usia bayi. Jenis popok kain ini ada beberapa macam, tetapi umumnya jenis popok kain tersebut adalah popok kain rata, popok kain prefold, popok kain all in one, dan popok kain berenang.

  1. Popok sekali pakai

Kelebihan popok sekali pakai adalah praktis. Jika kotor, Anda tinggal melepas dan menggantinya dengan popok yang baru. Selain itu, tipe popok ini memiliki daya serap yang tinggi dan tidak mudah bocor. Namun yang tidak menyenangkan dari jenis popok ini adalah harganya yang umumnya lebih mahal dari popok kain. Pasalnya, Anda mesti membelinya berulang kali. Popok sekali pakai juga tidak ramah lingkungan.

Tips memilih popok bayi

Sebelum memilih ingin menggunakan popok kain atau popok sekali pakai, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal ini. Jangan sampai kesalahan dalam memilih popok justru akan merugikan bayi Anda.

  1. Ukuran popok

Saat memilih popok bayi, penting bagi Anda untuk membeli yang pas untuk si kecil. Perhatikan usia dan berat badan buah hati agar mudah saat membeli popok. Pilih popok kain atau popok sekali pakai dengan hari-hati terutama untuk newborn. Popok yang tidak pas membuat bayi tidak nyaman. Kulit bayi juga rawan terkena ruam jika popok terlalu besar atau kecil. 

  1. Jenis kulit bayi

Kenali dulu kondisi kulit bayi Anda. Jangan sampai Anda salah membeli popok dan menyebabkan alergi pada kulit bayi.  Pastikan bahan popok tidak mengandung zat kimia berbahaya. Jika bayi memiliki kulit sensitif, belilah popok khusus untuk kulit sensitif.

  1. Jenis popok

Jika Anda cukup sibuk, popok sekali pakai ini akan sangat membantu. Popok ini sangat mudah dan cepat dikenakan pada bayi. Popok kain untuk bayi memiliki beragam manfaat. Selain bisa menekan alergi pada bayi, popok kain juga terjangkau. Meski begitu, sebelum memilih, pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Kenyamanan

Kenyamanan menjadi hal penting untuk si kecil dan orang tua. Bentuk kenyamanan ini bisa didapatkan dari tekstur popok maupun fitur pendukung seperti daya serap. Pilih popok yang memiliki indikator basah. Popok jenis ini memudahkan ibu kapan harus mengganti popok.

  1. Anggaran

Sesuaikan anggaran yang Anda miliki dengan kebutuhan popok yang dibutuhkan. Meski begitu, Anda harus ingat jika terlalu terpaku dengan harga. Harga yang mahal belum tentu cocok dan memberikan kenyamanan untuk bayi Anda.

Jadi untuk memilih popok bayi yang bagus, Anda harus memperhatikan beberapa pertimbangan. Anda harus mengenai kondisi kulit bayi dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai salah memilih popok, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *