Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apa Harus Khawatir?

Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apa Harus Khawatir?

Sebagian besar bayi sudah menumbuhkan gigi pertama mereka di usia 4 bulan. Namun, bagaimana jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi?

Perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Bayi dalam perkembangan lambat mungkin baru menumbuhkan gigi pertama di usia 7 bulan.

Bahkan ada beberapa kasus bayi belum tumbuh gigi hingga usia 8 bulan, padahal perkembangan lainnya tampak signifikan.

Wajar jika Anda merasa khawatir sebagai orang tua, tapi sebenarnya kondisi bayi 8 bulan belum tumbuh gigi ini tidak terlalu serius.

Tidak ada gigi di usia 8 bulan, haruskah khawatir?

Singkatnya, Anda tidak perlu khawatir. Usia bayi menumbuhkan gigi pertamanya begitu beragam, setiap kasus berbeda-beda.

Seperti yang disebutkan di atas, mayoritas bayi menumbuhkan gigi pertamanya di rentang usia 4-7 bulan. Namun, tetap ada kondisi ekstrem yang harus Anda perhatikan.

Contohnya, ada bayi yang langsung memiliki gigi ketika terlahir. Ada pula yang belum juga menumbuhkan gigi sampai ulang tahun pertama.

Jika bayi Anda belum tumbuh gigi di usia 8 bulan, kemungkinan besar pertumbuhan mereka sedikit terlambat.

Meski begitu, pada akhirnya gigi tersebut akan tumbuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Kapan harus mulai khawatir?

Anda tidak perlu khawatir jika gigi si kecil belum juga tumbuh di usia 8 bulan. Namun, ada batasan tertentu yang harus Anda perhatikan.

Segera temui dokter jika gigi si kecil belum tumbuh hingga usia 18 bulan. Memang setiap bayi berbeda-beda, bahkan ada yang baru menumbuhkan gigi pertama di usia 15 bulan. 

Namun, lebih dari itu bisa dianggap abnormal. Sebagian besar bayi sudah memiliki minimal 4 gigi di usia 11 bulan dan mencapai 12 gigi di usia 19 bulan.

Tanda-tanda dan gejala tumbuh gigi

Tanda-tanda yang ditunjukkan setiap bayi berbeda-beda. Namun, secara umum ada beberapa gejala dan pertanda tumbuh gigi seperti:

  • Gusi bengkak dan melunak
  • Rewel dan menangis
  • Suhu badan sedikit meningkat
  • Ingin mengunyah benda-benda alot
  • Air liur melimpah
  • Batu-batuk
  • Menggosok pipi dan menarik telinga
  • Mendekatkan tangan ke mulut
  • Perubahan pola makan atau tidur

Tumbuh gigi bisa menyakitkan, tapi umumnya si bayi tidak sampai sakit parah. Segera hubungi dokter jika muncul penyakit lain seperti diare, muntah-muntah, ruam, demam tinggi, atau batuk.

Anda juga harus segera menemui dokter jika melihat gusi bayi berdarah atau ada pembengkakan wajah berlebihan.

Urutan tumbuh gigi

Urutan dan waktu tumbuh gigi setiap bayi berbeda dan mungkin dipengaruhi oleh riwayat keluarga. Namun, pada umumnya dua gigi seri bagian bawah tumbuh terlebih dahulu, diikuti oleh dua gigi seri bagian atas.

Setelahnya diikuti oleh gigi seri lainnya, gigi taring, baru gigi geraham depan. Geraham belakang adalah gigi yang terakhir tumbuh.

Pada akhirnya, bayi akan memiliki 20 gigi susu, biasanya di usia 3 tahun.

Catatan

Demikian informasi mengenai proses pertumbuhan gigi bayi delapan bulan. Perlu diingat, kecepatan perkembangan setiap bayi berbeda-beda.

Anda tidak perlu khawatir jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi. Tentu, ada beberapa batasan yang juga perlu Anda perhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *