Beberapa Makanan Immune Booster Adalah Sebagai Berikut

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat tetntunya membuat kita tidak mudah jatuh sakit. Sebaliknya, daya tahan tubuh yang lemah akan membuat kita mudah terserang virus dan/atau bakteri yang akan membuat kita rentan terserang penyakit. Oleh sebab itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang juga dapat berfungsi sebagai immune booster. Makanan immune booster adalah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi sehingga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara optimal. 

Makanan sumber immune banyak ragamnya, tetapi sayuran atau buah-buahan yang kaya akan vitamin C menjadi yang terpopuler. Makanan sehat yang bernutrisi tinggi tersebut jika dikonsumsi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut adalah:

  • Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, selain juga kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Bayam

Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.

  • Bawang putih

Salah satu makanan yang dapat berfungsi sebagai immune booster adalah bawang putih. Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Kunyit

Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

  • Buah-buahan

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Buah-buahan yanag kaya akan viitamin C dapat ditemukan pada hampir semua buah-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan sejenisnya. 

  • Makanan laut

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

  • Yoghurt

Selanjutnya, salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan immune booster adalah yoghurt. Produk olahan susu ini merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA. 

Pilihlah yoghurt tanpa rasa daripada yoghurt yang diberi rasa dan kaya akan gula. Kamu bisa membuat yoghurt tawar kamu menjadi manis dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

Immune booster adalah suplemen vitamin, makanan, atau apa pun yang bisa membantu kamu mendapatkan daya tubuh yang prima agar tidak rentan sakit. Immune booster sendiri berperan untuk menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain mengonsumsi makanan di atas, tak kalah penting juga untuk selalu menjaga pola gaya hidup yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *