Cara Membuat Keripik Singkong Sendiri, Digoreng atau Dipanggang?

Dibandingkan dengan membeli produk keripik singkong olahan dalam kemasan, akan lebih sehat bila Anda mengonsumsi keripik singkong yang dibuat sendiri di rumah. Ada dua cara membuat keripik singkong yang bisa Anda coba, yaitu digoreng ataupun dipanggang.

Cara membuat keripik singkong renyah dan tidak keras

Baik digoreng maupun dipanggang, keduanya sama-sama cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Anda bebas memilih yang paling sesuai dengan selera Anda.

Cara membuat keripik singkong dengan digoreng

Cara yang pertama adalah memasak keripik singkong dengan digoreng. Untuk metode pembuatan ini, Anda akan memerlukan bahan berupa:

  • 2 buah ubi singkong utuh
  • 1 liter air minum dingin
  • Minyak untuk menggoreng, bisa minyak zaitun, minyak sayur, atau minyak lainnya
  • Garam secukupnya atau sesuai selera

Anda bebas menambah atau mengurangi jumlah ubi singkong yang mau dipakai untuk menggoreng. Tapi, jangan lupa sesuaikan jumlah air dengan jumlah ubi singkong yang akan digunakan.

Untuk menggoreng keripik singkong, Anda perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bersihkan ubi singkong dan kupas kulitnya. Potong tipis-tipis ubi singkong dengan ketebalan maksimal 2-3 mm. 
  2. Rendam potongan singkong ke dalam air dingin. Diamkan selama kurang lebih 45 menit.
  3. Tiriskan singkong dari air dan keringkan setiap potongan menggunakan tisu. Pastikan singkong sudah benar-benar kering sebelum digoreng.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan potongan singkong satu per satu. Goreng sampai warna singkong berubah menjadi kecoklatan dan garing.
  5. Angkat dan tiriskan singkong ke tisu khusus menyerap minyak makanan. Lalu, tambahkan garam secukupnya sebagai penambah rasa, sesuaikan dengan selera

Cara membuat keripik singkong dengan dipanggang

Sekarang, saatnya untuk mencari tahu cara mengolah keripik singkong dengan dipanggang. Untuk metode ini, Anda akan memerlukan bahan-bahan yang kurang lebih sama, yaitu:

  • 2 buah ubi singkong utuh
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • Garam secukupnya

Untuk membuat keripik singkong dengan dipanggang, Anda tidak perlu merendam potongan singkong terlebih dahulu ke dalam air. 

Berikut ini langkah-langkah cara membuat keripik singkong dengan dipanggang:

  1. Panaskan oven ke suhu 350 derajat Fahrenheit.
  2. Sambil menunggu oven panas, cuci, kupas, dan potong ubi singkong tipis-tipis dengan ketebalan maksimal 2-3 mm.
  3. Campurkan potongan singkong dengan minyak zaitun dan garam secukupnya, sesuai selera. Gunakan mangkuk besar untuk memudahkan proses mencampur.
  4. Susun singkong yang sudah dicampur dengan garam dan minyak zaitun di loyang. Pastikan loyang sudah dilapisi dengan kertas roti agar singkong nantinya tidak menempel pada loyang, dan jangan sampai singkong berada pada posisi tumpang tindih.
  5. Masak dalam oven selama 15 menit, lalu sisihkan dan sajikan. Keripik singkong dari oven pun sudah siap untuk disantap.

Membuat keripik singkong dengan dipanggang dan digoreng sama-sama cukup praktis dan tidak memerlukan bahan yang terlalu  kompleks. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat keripik singkong sendiri di rumah.

Salah satu keuntungan membuat keripik singkong sendiri adalah kualitas keripik yang lebih menyehatkan. Karena, Anda hanya menggunakan bahan-bahan alami dan tidak menambahkan campuran bahan kimia.

Biasanya, produk keripik dalam kemasan sudah ditambahkan dengan berbagai macam zat kimia, seperti pengawet, perasa tambahan, pewarna makanan, dan lain sebagainya. Zat-zat ini bisa menimbulkan bahan bagi kesehatan bila dikonsumsi terus-menerus.

Sementara, cara membuat keripik singkong sendiri di rumah hanya menggunakan minyak untuk menggoreng atau memanggang, serta garam sebagai penambah rasa. Tentu ini membuat keripik buatan sendiri jadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *