Cara Mengatasi Anak Batuk Berdahak dengan Bisolvon Kids

Batuk adalah suatu mekanisme tubuh untuk menghilangkan zat yang memicu iritasi berbahaya, yang dapat membuat tubuh menjadi sakit atau sulit bernapas. Batuk berdahak kerap disebut sebagai batuk produktif, adalah jenis batuk yang diiringi pengeluaran lendir atau dahak. Batuk berdahak pada anak-anak bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotek seperti Bisolvon Kids.

Penyebab Batuk Berdahak

Batuk berdahak sering dipicu oleh adanya infeksi karena mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Infeksi ini akan menyebabkan pilek atau flu. Seluruh sistem pernapasan dilapisi dengan selaput lendir, yang berfungsi untuk menjaga saluran udara tetap lembap sekaligus melindungi paru-paru dari zat asing yang dapat mengiritasi. Oleh karena itu, ketika tubuh melawan infeksi akibat virus dan bakteri di saluran udara, maka tubuh Akan menghasilkan lendir lebih banyak daripada biasanya. 

Hal tersebut merupakan mekanisme tubuh untuk membantu menjebak dan mengeluarkan organisme yang menyebabkan infeksi. Kemudian, batuk berdahak akan membantu tubuh membuang semua lendir berlebih yang terdapat di paru-paru dan dada.

Tetapi, seringkali batuk berdahak pada anak akan timbul lebih parah pada malam hari, karena lendir terkumpul di bagian belakang tenggorokan saat berbaring. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan Bisolvon Kids yang sering dijual di apotek atau minimarket.

Jika anak Anda mengalami batuk berdahak dan telah berlangsung lebih dari beberapa minggu, hal tersebut bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Bronkitis

Bronkitis merupakan radang pada saluran bronkial, yaitu saluran yang membawa udara ke paru-paru. Bronkitis akut biasanya disebabkan karena infeksi dari berbagai virus. 

2. Radang Paru-paru atau Pneumonia

Penyakit radang paru-paru atau pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada paru-paru yang disebabkan karena bakteri, virus atau jamur. Tingkat keparahan pneumonia bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga yang mengancam jiwa.

3. Refluks Asam Lambung

Jika anak-anak atau bayi mengalami refluks asam lambung, akan timbul gejala seperti batuk, muntah, meludah, muncul rasa tidak enak di mulut, timbul sensasi terbakar di dada, dan mulas.

4. Asma

Gejala asma yang dialami oleh anak akan berbeda dari satu anak ke anak lainnya. Jika batuk berdahak bertambah parah apalagi ketika malam hari, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anak Anda mengalami asma.

5. Batuk Rejan

Batuk rejan memiliki tanda seperti batuk yang berulang-ulang. Batuk rejan memiliki gejala seperti menimbulkan bunyi ketika bernapas, pilek, bersin dan demam.

6. Menghirup Sesuatu

Anak atau bayi bisa batuk diakibatkan karena menghirup suatu zat iritan atau zat asing seperti polusi, asap rokok dan asap perapian.

Pengobatan Batuk Berdahak pada Anak

Jika Anda ingin mengobati batuk berdahak, maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini karena sebagian besar batuk berdahak diobati tergantung pada penyebabnya. Namun, batuk berdahak yang disebabkan karena virus tidak memerlukan pengobatan. Sedangkan jika batuk berdahak yang diakibatkan karena bakteri, maka bisa diobati menggunakan antibiotik.

Anda juga bisa mengobati batuk berdahak pada anak dengan Bisolvon Kids Sirup. Tiap 5 ml Bisolvon Kids Sirup mengandung bromheksin hidroklorida 4 mg. 

Dosis Mengonsumsi Obat Bisolvon Kids Sirup

Dewasa dan Anak >10 tahun: 3×10 ml per hari

Anak-anak <10 tahun:

Anak 5-10 tahun: 3×5 ml/hari

Anak 2-5 tahun: 2×5 ml/hari

Konsumsi Bisolvon Kids sebaiknya dilakukan setelah makan. Tetapi, Bisolvon Kids memiliki efek samping seperti menimbulkan reaksi hipersensitivitas. Reaksi hipersensitivitas seperti sesak napas, mual, muntah, diare, nyeri perut bagian atas, ruam, dan biduran. Anda bisa mendapatkan Bisolvon Kids Sirup dengan harga Rp 34.380 untuk ukuran 60 mL yang diklaim mampu meredakan batuk berdahak pada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *