Cara Menggunakan Body Scrub yang Salah

Cara Menggunakan Body Scrub

Body scrub atau kita biasa mengenal dengan nama lainnya, lulur, merupakan salah satu produk kecantikan kulit yang amat populer. Salah satu fungsi yang digadang-gadang dari produk ini adalah mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit-kulit mati. Namun, untuk mencapai itu, seseorang perlu melakukan cara menggunakan body scrub dengan benar.

Penggunaan yang tidak tepat bisa membuat upaya yang Anda lakukan sia-sia. Belum lagi kemungkinan efek samping yang dapat saja muncul. Memang, sih, efek samping dari penggunaan body scrub ini jarang sekali terjadi. Namun, bukan berarti risiko itu tidak ada sama sekali.

Setidaknya, jika kesalahan yang dilakukan berlangsung secara terus-menerus, Anda bisa mengalami kulit kemerahan, kulit menjadi semakin kering, terasa nyeri, hingga sensasi terbakar. Nah, dari pada ambil risiko, lebih maik simak beberapa kesalahan cara menggunakan body scrub di bawah ini:

  • Tidak peduli dengan kandungan scrub

Semua produk skincare, termasuk body scrub, harus diperhatikan betul cara pemakaiannya. Sebab, masing-masing produk tersebut diformulasikan khusus untuk mengakomodir beberapa masalah yang terjadi di kulit. Anda harus mengerti dengan saksama kebutuhan Anda sebelum membeli dan menggunakan suatu produk skincare.

Oleh karenanya cara menggunakan body scrub yang baik adalah menyesuaikan produk dengan kebutuhan kulit Anda. Jangan sampai salah pakai, apalagi jika Anda asal menggunakan produk. Alih-alih mendapat hasil maksimal, bukan tidak mungkin malah masalah yang didapat.

  • Mengaplikasikannya secara sembarangan

Memang benar jika body scrub diaplikasikan dengan cara menggosok. Namun, jangan samakan kulit tubuh Anda dengan pakaian yang bisa digosok dengan kasar. Anda tetap harus menggosok atau mengeksfoliasi kulit tubuh dengan perlahan dan hati-hati.

Cara menggunakan body scrub yang benar bukan berarti seberapa keras Anda menggosok, tetapi seberapa efisien Anda melakukannya. Sebab, semakin keras Anda menggosok scrub, semakin besar juga kemungkinan kulit Anda mengalami inflamasi dan iritasi.

  • Gerakan menggosok yang tidak sesuai

Kesalahan lainnya adalah gerakan menggosok lulur yang salah, sebab ada aturan khusus untuk membuat produk perawatan tubuh ini bekerja maksimal. Jika asal digosok maka efektivitasnya akan berkurang. Jadi, idealnya lulur dengan butiran scrub perlu digosok dengan gerakan memutar dan perlahan. jangan terlalu kencang karena butiran scrub di dalamnya bisa menyebabkan iritasi di kulit.

  • Langsung dibilas

Kesalahan yang juga paling sering dilakukan dalam serangkaian cara menggunakan body scrub adalah langsung membilasnya. Padahal idealnya lulur yang sudah didiamkan dan digosok dengan gerakan memutar perlu didiamkan kembali. Tidak perlu terlalu lama, kurang dari 5 menit dirasa sudah cukup. Baru setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air.

  • Tidak melanjutkan tahap berikutnya

Berdasarkan beberapa sumber, tahapan penggunaan body scrub harus dilengkapi dengan penggunaan pelembap. Pasalnya, pengaplikasian body scrub barang tentu mengubah kondisi kulit Anda menjadi lebih kering karena kelembapannya berkurang drastis.

Nah, pelembap ini digunakan untuk mengembalikan kondisi kelembapan kulit Anda. Kembali lagi ke poin pertama, Anda juga harus memilih pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda sebelum mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit.

Disarankan penggunaan pelembap tubuh dilakukan sesegera mungkin, paling lama 5 menit setelah mandi, agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

***

Penting untuk mengetahui cara menggunakan produk skincare dengan benar agar upaya yang Anda lakukan dapat terlihat hasilnya. Ingat, ini termasuk untuk penggunaan body scrub. Jangan dikira body scrub bisa digunakan secara asal.

Yuk, mulai lakukan cara menggunakan body scrub secara benar, supaya dalam beberapa waktu pemakaian kulit Anda semakin bersih dan cerah, sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *