Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tanpa ke Prodia Jayapura

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting karena berfungsi menyaring kotoran dan limbah beracun dari dalam darah. Jika Anda merasa ada masalah pada ginjal Anda Anda bisa segera memeriksakan fungsinya di Prodia Jayapura.

Melalui tes atau pemeriksaan ini Anda dapat mengetahui kondisi pada organ Anda tersebut. Jika ada masalah berarti Anda terkena penyakit ginjal yang tentu saja jalan keluarnya adalah konsumsi obat-obatan, cuci darah, dan operasi.

Tentu saja tindakan-tindakan medis tersebut cukup mahal dan bisa menguras kantong Anda. Apalagi pemeriksaan fungsi ginjal sendiri berkisar di Rp 600.000-an.

Supaya Anda tidak mengalami hal yang demikian langkah terbaik untuk hal ini adalah Anda harus melakukan beberapa pencegahan yang tentu saja lebih baik daripada mengobati. Apa saja pencegahannya? Yuk, simak di bawah ini!

Hidrasi yang cukup

Hidrasi yang cukup adalah cara sederhana untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat karena ternyata air sangat penting untuk membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari darah.

Apabila hidrasi tidak cukup, fungsi ginjal menjadi sangat terganggu sehingga berpotensi menyebabkan gangguan pada ginjal.

Mimumlah air putih secara teratur 8 gelas sehari sesuai anjuran, dan jangan berlebihan sebab jika berlebihan malah akan membuat gangguan elektrolit dalam tubuh yang berujung pada pembengkakan sel tubuh sehingga ginjal harus ekstra keras melakukan penyaringan.

Konsumsi makanan sehat

Makanan cukup juga berpengaruh pada kesehatan ginjal. Jika Anda sering mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi gula, lemak, dan garam, Anda harus bersiap ginjal Anda memgalami gangguan.

Namun jika Anda konsumsi makanan yang rendah sodium seperti kembang kol, bluberi, dan ikan, bersyukurlah ginjal Anda dalam keadaan sehat.

Olahraga

Aktivitas fisik yang satu ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga Anda tidak perlu tes ginjal di Prodia Jayapura jika sudah merasa sehat.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat dan keras yang menguras stamina Anda. Cukup lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda sebelum beraktivitas sehingga tubuh tetap aktif. Lakukanlah setiap hari maksimal 30 menit sebelum beraktivitas.

Berhenti Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika merokok merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal Anda.

Hal ini karena asap rokok mengandung nikotin yang merusak pembuluh darah dalam tubuh sehingga berakibat pada melambatnya aliran darah dari jantung ke ginjal. Akibatnya ginjal tidak berfungsi secara optimal, dan terjadilah gangguan ginjal pada Anda.

Kurangi konsumsi obat nyeri

Ada baiknya Anda juga tidak berlebihan mengonsumsi obat nyeri saat Anda mengalami nyeri pada bagian tubuh.

Karena obat-obatan yang biasanya dijual secara bebas itu malah berdampak negatif pada ginjal seperti rusaknya jaringan di organ tersebut.

Anda bisa meminta petunjuk dan saran dari dokter untuk cara konsumsi obat yang baik tanpa harus korbankan ginjal Anda.

Mengontrol gula dan tekanan darah

Bagi Anda yang menderita diabetes dan hipertensi, hal ini sangat penting karena dapat menghindarkan diri dari penyakit ginjal yang merupakan salah satu komplikasinya dari penyakit kronis tersebut.

Caranya adalah konsumsi makanan-makanan yang dapat membuat gula darah dan tekanan darah menjadi normal. Selain itu, kurangi stres.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga ginjal Anda sehat sebelum Anda memutuskan melakukan pemeriksaan ginjal di Prodia Jayapura yang biaya per pemeriksaannya cukup mahal. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *