Cegah Nekrosis Tulang dengan Mengatasi Cedera Tulang

Cegah Nekrosis Tulang dengan Mengatasi Cedera Tulang

Perlu Anda tahu, cedera tulang dan sendi yang tidak ditangani dengan segera akan menyebabkan nekrosis tulang. Mungkin bagi sebagian orang, berobat ke rumah sakit saat menderita cedera tulang seperti patah atau dislokasi memang menakutkan. Tidak hanya soal biaya, tetapi mungkin juga takut dengan kemungkinan yang harus dioperasi.  Sering juga disebut avaskular nekrosis dan osteonecrosis tulang adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan suplai darah ke tulang. Tanpa aliran darah yang cukup, jaringan-jaringan tulang akan mati dan tulang akan menjadi rapuh bahkan hancur.

Jika nekrosis terjadi di area tulang sekitar sendi, maka sendi juga akan ikut hancur. Avaskular nekrosis bisa terjadi di semua tulang, tetapi kebanyakan terjadi di tulang paha, tulang panggul, tulang leher atas, sendi lutut, sendi bahu dan sendi pergelangan kaki. Seperti yang sudah disebutkan di atas, avaskular nekrosis bisa muncul sebagai komplikasi saat ada patah tulang atau dislokasi sendi yang tidak ditangani dengan baik. Patah tulang dan dislokasi sendi juga memiliki kemungkinan disertai dengan kerusakan pembuluh darah di sekitar area cedera.

Oleh karena itu, tanpa perawatan medis mungkin saja kerusakan pembuluh darah tidak tertangani sehingga mengganggu suplai darah ke tulang dan menyebabkan nekrosis. Penyebab loan dari nekrosis tulang adalah penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang atau dengan dosis yang tinggi, konsumsi alkohol yang berlebihan, kondisi medis tertentu seperti mengidap penyakit anemia sel sabit, dan pengobatan medis misalnya kemoterapi dan radiasi. Gejala-gejala nekrosis tulang yang biasa terjadi adalah rasa sakit di tulang atau sendi.

Awalnya rasa sakit akan muncul saat ada tekanan pada tulang, lama kelamaan rasa sakit akan semakin parah dan muncul secara konstan sehingga mengganggu kemampuan gerak. Penanganan avaskular nekrosis juga ditentukan oleh dokter berdasarkan usia penderita, kondisi kesehatannya secara umum dan riwayat kesehatannya. Tingkat keparahan penyakit serta lokasi dan jumlah tulang yang terkena nekrosis juga menjadi pertimbangan dalam menentukan pengobatan nekrosis tulang. Tujuan pengobatan nekrosis tulang adalah untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada tulang dan sendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *