Cek Jumlah Vitamin D dalam Tubuh dengan Pemeriksaan Kadar Vitamin D 25-OH Total

Cek Jumlah Vitamin D dalam Tubuh dengan Pemeriksaan Kadar Vitamin D 25-OH Total

Vitamin D merupakan salah satu kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Fungsinya adalah membantu  penyerapan kalsium dan menjaga konsentrasi fosfat dalam darah sehingga dapat mempertahankan kekuatan tulang. Manfaat vitamin D di dalam tubuh juga semakin meluas, seperti memberikan pengaruh terhadap fungsi sistem pertahanan tubuh, kardiovaskular, dan sistem endokrin.Namun, tidak semua orang memiliki kadar vitamin D yang cukup sehingga perlu dideteksi dengan melakukan pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total.

Jumlah normal vitamin D di dalam darah adalah sekitar 20-50 ng/mL. Pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total akan menunjukkan apakah jumlah vitamin D  di dalam darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, pemeriksaan ini dapat menjadi dasar bagi dokter untuk mendiagnosis penyakit osteoporosis, rakhitis, diabetes, infeksi saluran pernafasan, influenza, dan tuberkulosis.

Pada dasarnya, tubuh bisa menghasilkan vitamin D dengan sendirinya ketika kulit terkena sinar ultraviolet dari matahari. Terdapat juga beberapa sumber makanan yang dapat menghasilkan vitamin ini seperti telur, ikan salmon, sarden, produk susu, dan suplemen vitamin D. Vitamin D yang berasal dari paparan sinar ultraviolet dan makanan ini akan diubah menjadi bahan kimia yang dikenal dengan 25-hydroxyvitamin D (D 25-OH) sebelum diserap oleh darah dan disebarkan ke bagian tubuh lainnya.

Alasan kenapa Anda harus melakukan pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total

Ada beberapa kondisi yang membuat dokter menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kadar vitamin D-255 OH total, yakni:

  • Jarang terpapar sinar matahari
  • Mengalami obesitas
  • Memiliki riwayat operasi bypass lambung
  • Berusia lanjut
  • Memiliki riwayat penyakit usus yang membuat tubuh sulit mencerna nutrisi
  • Mengalami nyeri tulang
  • Bayi yang berisiko kekurangan vitamin D karena hanya mengonsumsi ASI

Prosedur pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total

Pemeriksaan kadar vitamin 25-OH total meliputi pengambilan sampel darah dan pemeriksaan sampel tersebut di laboratorium.

Prosedur pemeriksaan dapat dilakukan sebagai berikut:

Sampel darah akan diambil dari pembuluh darah vena bagian dalam siku atau punggung tangan

Sebelum proses pengambilan darah, petugas akan membersihkan area pengambilan darah dengan antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi

Agar pembuluh darah terisi penuh, lengan akan dipasangkan tourniquet

Pengambilan darah akan dilakukan dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah

Darah yang telah diambil akan dimasukkan ke dalam tabung untuk selanjutnya diserahkan ke laboratorium

Hasil pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH total

Kadar vitamin D yang diperiksa dengan kadar d 25-OH akan dihitung dalam satuan nanomol/liter atau nanogram/mililiter. Hasil pemeriksaan dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Potensi kekurangan: antara 30 nmol/L atau 12 ng/mL dan 50 nmol/L atau 20 ng/mL
  • Defisiensi/kekurangan vitamin D: kurang dari 30 nmol/L atau 12 ng/mL atau
  • Kadar tinggi: lebih tinggi dari 125 nmol/L  atau 50 ng/mL
  • Kadar normal: antara 50 nmol/L atau 20 ng/mL dan 125 nmol/L atau 50 ng/mL

Selain hasil pemeriksaan, Anda juga akan mengalami beberapa kondisi jika kadar vitamin D di dalam tubuh tidak dalam jumlah yang normal, yaitu:

  • Usus tidak mampu menyerap vitamin dengan baik
  • Nutrisi tidak cukup karena tidak mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang
  • Anda jarang atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung

Bagi orang dengan risiko tinggi untuk kekurangan vitamin D, perlu melakukan pemeriksaan kadar vitamin D 25-OH. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang tepat sehingga kadar vitamin D di dalam tubuh dapat normal kembali. Pemeriksaan ini juga dianjurkan untuk dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk mengontrol naik turunnya konsentrasi vitamin D di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *