Fresubin dan 7 Tips Terhindar Malnutrisi

Tidak ada yang mau terkena malnutrisi. Di mana saat tubuh Anda kekurangan nutrisi yang cukup ekstrem sehingga menimbulkan beragam gangguan dari segi fisik maupun mental. Pencernaan yang bermasalah sampai depresi tidak jarang muncul dari kondisi malnutrisi. 

Guna mengatasi pasien yang mengalami malnutrisi, tidak jarang dokter akan merekomendasikan makanan atau minuman tinggi nutrisi yang mudah diminum, seperti Fresubin. Ini merupakan minuman yang praktis dikonsumsi oleh pasien gizi buruk. Mengonsumsi Fresubin dapat membuat pasien malnutrisi mengalami perbaikan dari sisi asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. 

Namun tentunya, lebih baik mencegah daripada menangani, bukan? Selain mengandalkan Fresubin untuk “mengisi ulang” nutrisi dalam tubuh Anda, berbagai tips untuk menghindari kondisi malnutrisi wajib Anda lakukan. 

Perbanyak Buah dan Sayur 

Kekurangan vitamin kerap menjadi sumber awal dari malnutrisi. Masalahnya, tubuh tidak bisa memproduksi viamin sendiri. Tak ayal, kebutuhan jenis nutrisi yang satu ini mesti diperoleh dari asupan makanan, khususnya dari buah dan sayur. Semakin Anda banyak mengonsumsi buah dan sayur, Anda akan semakin mudah terhindar dari risiko malnutrisi. 

Pastikan Mengonsumsi Sumber Protein 

Tidak jarang didapati penderita malnutrisi yang kekurangan berbagai zat dan senyawa penting karena jarang mengonsumsi sumber protein. Sangat penting memastikan selalu ada sumber protein di piring Anda sewaktu makan. Protein tidak melulu mengarah pada protein hewani, seperti daging, ikan, dan telur. Banyak pula sumber protein nabati yang mendukung kesehatan Anda, seperti kacang-kacangan, tahu, juga tempe. 

Konsumsi Susu Seperlunya 

Mengonsumsi susu dapat membantu tubuh memperoleh nutrisi yang diperlukan secara praktis. Jika Anda memang sudah mulai terindikasi mengalami malnutrisi ringan, tidak ada salahnya segera mengonsumsi susu Fresubin. Minuman ini  mengandung air, maltodekstrin, protein dari susu dan soya, lemak nabati, multivitamin, dan mineral. Di mana semua paduan tersebut efektif untuk memenuhi kekurangan gizi pada tubuh seseorang. 

Jangan Anti Makanan Bertepung 

Makanan bertepung kerap dikambinghitamkan sebagai sumber penyakit. Gerakan tidak memakan tepung pun makin santer terdengar belakang. Namun, tahukah Anda, tubuh juga memerlukan makanan bertepung untuk mengisi kekurangan nutrisi? Menonsumsi makanan-makanan bertepung, seperti roti, kentang, dan pasta nyaranya bisa menambah nutrisi di tubuh secara cepat. Tentu saja asupannya tidak boleh berlebihan. 

Berkumpul secara Sosial 

Malnutrisi sering terjadi karena seseorang malas untuk makan yang berujung pada tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada tubuh. Untuk meningkatkan keinginan makan, banyak cara bisa dilakukan. Salah satu yang efektif adalah membuat acara berkumpul untuk makan. Makan bersama nyatanya bisa meningkatkan nafsu makan cukup signifikan. 

Olahraga Mutlak Perlu 

Anda pernah berpikir untuk tidak berolahraga agar tidak banyak membuang energi sehingga nutrisi tubuh tidak berkurang? Anda salah besar! Kenyataannya, Anda tidak akan mengalami malnutrisi dengan berolahraga. Sebaliknya, berolahraga justru diperlukan untuk merangsang nafsu makan sehingga risiko terkena malnutrisi akibat malas makan bisa dikurangi. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. Berjalan kaki sekitar 30 menit tiap hari saja sudah sangat baik untuk merangsang nafsu makan sehingga banyak nutrisi yang bisa masuk ke tubuh. 

Pantau Berat Badan 

Biasakanlah untuk memantau berat badan secara reguler. Pemantauan rutin ini bisa membuat Anda cepat menyadari apabila ada yang aneh dengan tubuh Anda. Malnutrisi sendiri kerap ditandai dengan penurunan berat badan tiba-tiba tanpa sebab. Jika Anda mengalami hal tersebut, konsultasi ke dokter bisa segera dilakukan sehingga kondisi kekurangan gizi yang Anda alami tidak telanjur parah. 

Jika dokter menyarankan mengonsumsi Fresubin, jangan mengelak. Minuman tinggi nutrisi ini ampuh membuat nutrisi tubuh terpenuhi. Rasanya pun nyaman di lidah dan bisa-bisa Anda doyan dan ketagihan dengan minuman yang satu ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *