Cara Mengatasi Gangguan Menstruasi yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Gangguan Menstruasi yang Perlu Diketahui

Setiap perempuan pasti merasakan yang namanya menstruasi sekali dalam sebulan. Untuk ukuran menstruasi normal, biasanya kondisi ini akan berlangsung setiap 21-32 hari selama lebih kurang 5-7 hari.

Namun tidak jarang banyak ditemukan kasus dimana perempuan mengalami gangguan menstruasi yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi berantakan dan disertai dengan timbulnya gejala-gejala yang membuat tidak nyaman.

Meskipun begitu, gangguan menstruasi ini sangat umum terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada perempuan dari berbagai golongan usia dengan gejala dan gangguan yang berbeda-beda dari perempuan satu dengan yang lainnya.

Apa itu gangguan menstruasi?

Gangguan menstruasi adalah kondisi kelainan menstruasi yang dirasakan oleh perempuan. Gangguan yang mungkin dirasakan yaitu mulai dari volume perdarahan yang parah, sakit yang tidak tertahankan, hingga haid yang tidak datang tiap bulan secara teratur atau bahkan haid yang bisa muncul lebih dari sekali dalam sebulan.

Siklus menstruasi bagi tiap perempuan berbeda-beda. Perlu diingat bahwa pola menstruasi setiap perempuan berbeda-beda, sehingga Anda tidak bisa menargetkan pola menstruasi Anda dengan orang lain. Penting bagi Anda mengetahui kondisi tubuh Anda sendiri.

Menstruasi yang normal bagi satu orang, belum tentu juga normal bagi orang lain. Perhatikan siklus menstruasi Anda. Jika ada perubahan yang menetap pada siklus menstruasi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Gejala dan penyebab gangguan menstruasi

Ketika mengalami gangguan menstruasi, seorang perempuan biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti:

  • PMS
  • Menstruasi yang berlebihan
  • Absen menstruasi / tidak menstruasi sama sekali
  • Kram
  • Siklus haid tidak teratur

Penyebab dari gejala yang muncul tersebut dapat disebabkan oleh:

  • Faktor stres dan gaya hidup
  • Efek samping pil KB
  • Penyakit radang panggul
  • Kegagalan ovarium prematur
  • Durasi tidur

Cara mengatasi gangguan menstruasi agar kembali normal

Gangguan menstruasi ini perlu diwaspadai jika terjadi terus menerus selama masa subur, karena menstruasi yang tidak lancar juga bisa mempengaruhi kondisi kesuburan Anda jika terus dibiarkan tanpa penanganan.

Maka dari itu, perlu bagi Anda melakukan beberapa upaya untuk mengatasi gangguan menstruasi agar siklusnya kembali normal. Melansir Healthline, penanganan yang dilakukan juga berbeda-beda tergantung jenis gangguan menstruasi yang Anda rasakan.

Misalnya Anda mengalami gangguan menstruasi setelah mengkonsumsi Pil KB, maka Anda bisa mengatur konsumsi pil KB agar siklus menstruasi Anda kembali normal.

Jika Anda mengalami gangguan menstruasi yang menyebabkan aliran darah lebih banyak atau lebih sedikit dari kondisi normal, yang disebabkan oleh gangguan hormon tiroid atau gangguan hormonal lainnya, Anda mungkin akan merasakan siklus haid yang lebih teratur setelah memasuki masa penggantian hormon.

Gangguan menstruasi yang disebabkan oleh dismenore mungkin terkait dengan hormon, tetapi Anda mungkin juga memerlukan perawatan medis lebih lanjut untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya, mengkonsumsi antibiotik untuk mengobati penyakit radang panggul.

Ketidakteraturan menstruasi adalah hal yang normal, sehingga ketika Anda mengalami aliran darah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit sesekali waktu umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit yang parah atau aliran darah yang deras disertai pembekuan darah, Anda harus segera menghubungi dokter. Anda juga disarankan untuk mendapatkan perhatian medis jika Anda mengalami siklus menstruasi yang terjadi lebih dari sekali dalam sebulan atau bahkan tidak menstruasi sama sekali dalam kurun waktu lebih dari tiga bulan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kesuburan wanita dan ingin berkonsultasi mengenai gangguan menstruasi yang mungkin Anda alami, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *