Hal-hal Seputar Penyakit Leukemia dan Penyebabnya

Bagi sebagian dari Anda, nama penyakit Leukemia mungkin sudah tidak asing. Ini merupakan salah satu jenis kanker yang cukup terkenal dan berbahaya atau mengancam jiwa.

Meskipun penyakit kanker ini sudah cukup banyak dikenal, tapi belum semua orang benar-benar mengetahui informasi mendetail mengenai penyakit ini. Padahal, sebagai upaya antisipasi, penting bagi Anda untuk memahami apa saja ciri-ciri gejala dari penyakit ini.

Leukemia penyakit keturunan dalam keluarga

Apa penyebab penyakit leukemia?

Layaknya penyakit kanker pada umumnya, belum ada penelitian yang bisa membuktikan apa sebenarnya penyebab seseorang menderita leukemia. Sejauh ini, para ahli hanya mampu memperkirakan bahwa leukemia terjadi ketika beberapa sel darah bermutasi. 

DNA di dalam darah memiliki fungsi untuk memberikan instruksi pada sel darah untuk membelah diri atau berkembang biak. Bagi penderita leukemia, DNA di dalam darahnya terus memberikan instruksi bagi sel darah untuk bertumbuh dan menyebabkan gejala leukemia.

Tidak diketahui dengan pasti apa yang membuat DNA memberikan instruksi semacam ini. Ketika sel darah terus membelah diri, maka akan menyebabkan produksi sel darah yang tidak terkendali.

Saat sel darah diproduksi dalam jumlah berlebih, sel-sel abnormal dapat menekan sel darah yang sehat di sumsum tulang, membuat akan ada lebih sedikit sel darah putih dan sel darah merah yang sehat. Inilah yang menjadi salah satu tanda umum dari penyakit leukemia.

Seperti apa tanda-tanda penderita leukemia?

Setiap penderita bisa saja merasakan gejala yang berbeda-beda. Tapi, umumnya gejala yang dialami akan berupa:

  • Pembekuan darah yang buruk

Pembekuan darah akan membuat seseorang mudah mengalami memar. Selain itu, orang yang mengalami pembekuan darah akan kesulitan untuk sembuh dari luka dan pendarahan. 

Tidak jarang, penderita leukemia yang mengalami pembekuan darah juga akan mengembangkan bintik merah dan ungu kecil di tubuh yang disebut petechiae.

  • Anemia

Gejala umum lainnya dari penyakit leukemia adalah anemia. Semakin sedikit jumlah sel darah yang efektif di dalam tubuh, maka Anda semakin rentan mengalami anemia.

Anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki kadar hemoglobin dalam darah yang cukup. Hemoglobin ini memiliki peran untuk mengangkat zat besi ke seluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan zat besi, Anda akan kesulitan bernapas dan kulit menjadi lebih pucat. 

  • Infeksi dalam intensitas yang cukup sering

Ciri-ciri berikutnya dari penyakit leukemia adalah kondisi infeksi yang sering terjadi. Infeksi ini bisa terjadi karena leukemia membuat Anda kekurangan sel darah putih yang sehat.

Sel darah putih Anda berperan dalam melawan infeksi. Saat sel darah putih tidak bisa bekerja dengan benar, sistem kekebalan tubuh akan melawan sel-sel tubuh Anda sendiri dan membuat Anda lebih sering mengalami infeksi.

  • Kelelahan

Orang-orang yang menderita leukemia lebih sering mengalami lesu dan kelelahan. Bahkan, rasa lelah ini tidak kunjung membaik meski Anda sudah tidur dan beristirahat sekalipun.

Pada malam hari, Anda mungkin juga akan mengalami produksi keringat berlebih. Berat badan Anda pun akan mengalami penurunan secara drastis yang tidak disengaja.

Saat Anda mengalami kondisi-kondisi di atas, maka kemungkinan besar Anda menderita leukemia. Sebaiknya, jangan remehkan gejala-gejala tersebut. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter Anda.

Semakin cepat kondisi penyakit leukemia terdeteksi, maka semakin besar juga peluang bagi Anda untuk mendapatkan pengobatan sedini mungkin. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari komplikasi yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *