Harga, Tempat, dan Tips Tes Kesehatan Sebelum Menikah

Anda sudah mengetahui bahwa tes kesehatan sebelum menikah itu wajib dilakukan karena untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berumah tangga kelak sehingga pasangan yang sudah menikah akan bisa menerima dan tidak menyalahkan satu sama lain.

Selain itu, tes pranikah ini juga menjadi syarat untuk bisa mengajukan pernikahan ke KUA melalui bukti berupa sertifikat.

Berapa Harganya?

Kini mungkin Anda akan bertanya berapa harga tes pranikah tersebut. Perlu diketahui umumnya tes kesehatan pranikah ini berada di kisaran Rp 1-3 juta sekali pemeriksaan.

Harga tersebut memang cenderung mahal, dan karenanya Anda pasangan perlu persiapan khusus dalam finansial untuk bisa melakukannya.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir soal harga karena harga mahal tersebut bisa dihilangkan melalui promo-promo tertentu yang tidak memberatkan kantong Anda sama sekali.

Lalu di Mana Bisa Melalukan Tes?

Anda bisa melakukan pre-marital check up ini di fasilitas-fasilitas layanan kesehatan berikut:

  • Rumah Sakit
  • Laboratorum klinik
  • Puskesmas

Rumah Sakit 

Rumah Sakit merupakan layanan kesehatan tingkat utama yang menyediakan tes pranikah yang biasanya sudah dalam bentuk paket.

Paket pemeriksaan di rumah sakit umumnya lengkap dan cukup baik namun hal itu juga sebanding dengan harga yang ditawarkan yang bisa berkisar di kisaran Rp 1-3 juta.

Apabila Anda hendak mengambil tes di rumah sakit, Anda sudah harus mengetahui dan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan bersama pasangan.

Laboratorium Klinik

Laboratorium klinik juga bisa menjadi opsi bagi Anda untuk melakukan tes kesehatan sebelum menikah.

Layanan yang diberikan hampir sama seperti rumah sakit namun Anda juga bisa leluasa karena fasilitas ini tidak ramai seperti rumah sakit yang cukup mengkhawatirkan Anda di masa pandemi Covid-19. Untuk harga yang dikeluarkan hampir sama dengan rumah sakit.

Puskesmas

Apabila Anda pusing soal harga yang terlalu mahal untuk cek pranikah, Anda tidak perlu bingung karena Anda bisa melakukannya di puskesmas.

Tingkat pelayanan di fasilitas ini boleh dibilang hampir mirip rumah sakit meskipun tidak semua puskesmas bisa melakukan semua pemeriksaan karena keterbatasan alat.

Untuk harga adalah dari kisaran Rp 20.000-Rp 50.000. Harga ini bisa tidak ada sama sekali apabila puskesmas memakai BPJS kesehatan. Namun, Anda perlu menanyakan untuk hal ini secara langsung karena tidak semua puskesmas memakai asuransi tersebut.

Bagaimana prosedur pemeriksaannya?

Untuk prosedur pemeriksaan pranikah adalah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan berat badan
  • Pengecekan tinggi badan
  • Cek tekanan darah
  • Mengisi kuisioner mengenai kejiwaan untuk mengetahui apakah calon pengantin menderita masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan dan lain sebagainya.
  • Melakukan pemeriksaan darah seperti cek golongan darah  hingga gula darah.
  • Pemeriksaan penyakit HIV, hepatitis serta Sifilis
  • Vaksin tetanus khusus bagi calon mempelai wanita. Fungsinya untuk melindungi calon mempelai dan calon anak di masa depan dari risiko komplikasi berbahaya jika terkena tetanus pada saat hamil

Apabila semua pemeriksaan di atas berhasil dilakukan, nantinya pasien akan diberikan sertifikat kesehatan. Di dalam sertifikat tersebut menyatakan bahwa calon mempelai dalam keadaan sehat secara fisik mental sehingga siap melakukan pernikahan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes?

Tes sebaiknya dilakukan 3 hingga 6 bulan sebelum menikah.

Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Tes?

Ada berapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan tes, yaitu:

  • Berpuasa semalaman agar konsumsi makanan tidak mempengaruhi hasil dari pemeriksaan.
  • Jangan melakukan hubungan intim ataupun masturbasi selama 72 jam sebelum melakukan tes pranikah
  • Tidak sedang dalam kondisi menstruasi
  • Hindari minum kopi atau teh setelah makan
  • Membiasakan diri minum air putih 8 gelas per hari

Itulah beberapa hal mengenai harga, tempat, dan tips melakukan tes kesehatan sebelum menikah supaya Anda dapat mempersiapkan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *