Hindari Bentuk Kacamata untuk Wajah Kotak Ini Agar Lebih Menawan

Kacamata tak hanya berfungsi sebagai alat bantu melihat, tapi juga untuk menunjang style fashion. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata, salah satunya bentuk bingkai atau frame kacamata. Meski terlihat seperti itu-itu saja, beberapa bentuk kacamata bisa membuat tampilan jadi tak menarik. 

Bagi pemilik wajah kotak, berikut ini rekomendasi bentuk kacamata untuk wajah kotak dan pilihan bentuk yang harus dihindari. 

Rekomendasi kacamata terbaik untuk wajah kotak

Apa bentuk wajahmu?

Sebelum memilih kacamata, kamu harus tahu bentuk wajahmu terlebih dahulu. Terdapat beberapa jenis bentuk wajah yang umum, yaitu persegi atau kotak, persegi panjang, bulat, segitiga, oval, diamond, dan bentuk hati (heart shape). 

Pemilik wajah kotak biasanya memiliki struktur yang tegas sehingga mudah terlihat. Namun wajah kotak juga sering disalah artikan sebagai wajah persegi panjang. Untuk mengetahui bentuk wajahmu dengan tepat, kamu membutuhkan alat-alat seperti meteran baju, cermin, serta pulpen dan buku catatan. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ikat rambutmu terlebih dahulu jika kamu memiliki rambut yang cukup panjang. 
  • Pertama, mulailah dari dahi. Hitung lebar dahi dengan mengukur panjang dari garis rambut hingga alis, lalu dibagi dua. 
  • Selanjutnya, ukur tulang pipi. Tempelkan selotip di bagian ujung luar mata di bawah kedua mata, lalu catat ukuranmu. 
  • Ukur panjang garis rahang di kedua sisi wajah. Caranya adalah tempelkan selotip di atas dagu memanjang ke bawah telinga, tepat di atas sudut rahangmu. Lalu kalikan jumlahnya dengan dua.  
  • Terakhir ukur panjang wajah menggunakan meteran. 

Perbedaan antara wajah kotak dengan persegi panjang dilihat dari ukurannya. Wajah persegi memiliki ukuran yang relatif sama dan sudut rahang lebih tajam. Dahinya lebar, tulang pipi tinggi, dan garis rahang yang kuat. Contoh artis dengan wajah persegi yang sangat terkenal adalah Angelina Jolie dan Brad Pitt. 

Sedangkan pada wajah persegi panjang, ukuran dahi, tulang pipi, dan garis rahang memiliki ukuran yang sama namun panjang wajah memiliki ukuran 2 inci lebih panjang. 

Bentuk kacamata yang cocok untuk wajah kotak

Aturan umum yang mungkin sering dilupakan dalam memilih bentuk kacamata yang tepat adalah pilihlah bentuk bingkai yang berbeda dengan bentuk wajahmu. Jika kamu memiliki wajah persegi, maka hindarilah bentuk kacamata persegi karena akan membuatmu terlihat lebih tegas dan tak ramah. 

Dalam memilih kacamata untuk wajah kotak, pilihlah bentuk kacamata dengan lengkungan untuk melengkapi sudut wajahmu. 

  1. Kacamata bulat atau oval

Kacamata bulat atau oval merupakan bentuk kacamata yang populer dan terbaik untuk wajah persegi. Bingkai dengan kurva menyeimbangkan garis-garis tegas pada wajah persegi. 

  1. Kacamata dengan garis alis

Bingkai kacamata ini hanya berada di bagian atas, dan lensa yang dibentuk bulat di bagian bawahnya. Kacamata ini memiliki garis garis lebar yang menghasilkan efek dahi lebih ramping.

  1. Bingkai mata kucing

Kacamata dengan bentuk mata kucing memberikan sentuhan klasik vintage, genit, dan menyenangkan. Bentuk kacamata ini bisa menyeimbangkan garis rahang yang kuat.

  1. Kacamata pilot

Bentuk kacamata ini sering disebut juga dengan kacamata profesor, dengan tampilan yang klasik. Garis tambahan yang menghubungkan antara satu sisi lensa dengan yang lainnya membuat dahi terlihat lebih lebar, tapi bentuk lensa bulat bisa menyeimbangkan tampilan tersebut. Selain itu kacamata pilot umumnya terbuat dari bingkai logam yang ringan dan ramping sehingga tidak akan membuat tampilan lebih berat. 

Catatan

Kacamata untuk wajah kotak bisa berwarna polos atau memiliki warna yang cerah, asalkan bentuk kacamata yang dipilih sesuai dengan bentuk wajahmu. Kacamata dengan motif yang bagus akan terlihat berlebihan jika bentuknya tidak cocok dengan wajahmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *