Ini Alasan Yogurt Plain Lebih Efektif untuk Diet

Ini Alasan Yogurt Plain Lebih Efektif untuk Diet

Yogurt adalah produk susu populer yang dibuat oleh fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt disebut “kultur yogurt,” yang memfermentasi laktosa dan gula alami yang ditemukan dalam susu. Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberikan yogurt rasa dan tekstur yang unik.

Yogurt dapat dibuat dari semua jenis susu. Varietas yang terbuat dari susu skim dianggap bebas lemak, sedangkan yang terbuat dari susu murni dianggap lebih penuh lemak. Yogurt plain tanpa pewarna tambahan adalah cairan putih kental dengan rasa tajam. Sayangnya, sebagian besar merek komersial mengandung bahan tambahan, seperti gula dan rasa buatan. Di sisi lain, yoghurt plain tanpa pemanis menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti berikut ini.

1. Kaya akan nutrisi penting

Yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Yogurt mengandung tinggi kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi serta tulang. Konsumsi satu cangkir Yogurt menyediakan 49% kebutuhan kalsium harian Anda.

Yogurt juga mengandung tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan cacat lahir tabung saraf tertentu. Satu cangkir yogurt plain juga menyediakan 38% kebutuhan harian Anda akan fosfor, 12% untuk magnesium, dan 18% untuk kalium. Mineral ini penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

2. Tinggi protein

Yogurt plain menyediakan jumlah protein sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram). Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan energi, atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari. Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Artinya dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan, dan bermanfaat untuk pengendalian berat badan.

3. Melancarkan pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup, atau probiotik, yang merupakan bagian dari kultur starter atau ditambahkan setelah pasteurisasi. Kandungan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan saat dikonsumsi. Sayangnya, banyak yogurt telah dipasteurisasi, yang merupakan perlakuan panas yang membunuh bakteri menguntungkan yang dikandungnya.

Untuk memastikan yogurt Anda mengandung probiotik yang efektif, carilah yang mengandung kultur aktif dan hidup, yang harus dicantumkan pada label. Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt plain, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar (IBS), yang merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Mengkonsumsi yogurt – terutama jika mengandung probiotik – secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan Anda dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Selain itu, sifat yogurt dapat meningkatkan kekebalan sebagian karena kandungan magnesium, selenium, dan seng, yang merupakan mineral dan dikenal karena perannya dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Melindungi osteoporosis

Yogurt plain mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, protein, potassium, fosfor dan, terkadang, vitamin D. Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *