Ini Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Zaitun di Rumah

Ini Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Zaitun di Rumah

Tidak semua orang dilahirkan dengan bentuk rambut yang lurus. Bila Anda memiliki rambut yang keriting atau ikal, tapi ingin meluruskannya, Anda bisa melakukan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun sudah sangat dikenal sebagai kandungan alami yang baik untuk perawatan rambut. Selain meluruskan, minyak zaitun juga berkontribusi dalam menghaluskan rambut serta membuat rambut Anda menjadi lebih sehat berkilau.

Bagaimana cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun?

Perawatan rambut dengan minyak zaitun memungkinkan Anda untuk menjaga kesehatan rambut tanpa perlu ke salon. Anda pun bisa melakukan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun di rumah.

Untuk menggunakannya, cobalah lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Ukur minyak zaitun, gunakan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, khususnya bila Anda belum pernah merawat rambut dengan minyak zaitun alami sebelumnya.
  • Oleskan minyak ke area rambut dan kulit kepala Anda yang sedang dalam keadaan kering.
  • Tutup rambut Anda dengan shower cap dan biarkan sampai minyak menempel di rambut sekitar 15 menit.
  • Setelah 15 menit, bilas rambut dengan air hangat.
  • Cuci rambut menggunakan shampo sampai bersih. Pastikan tidak ada minyak zaitun yang tersisa agar rambut tidak menjadi lengket nantinya.

Anda tidak harus melakukan tahap ini setiap hari. Tentukanlah hari-hari tertentu untuk melakukannya. Yang penting, lakukan secara rutin dan berkala.

Menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut

Selain menggunakan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menjadikan minyak zaitun sebagai bahan dasar masker rambut.

Untuk melakukannya, Anda bisa membuat beberapa resep khusus dengan menggambukan minyak zaitun bersama bahan-bahan alami lainnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Minyak zaitun dan alpukat

Kandungan vitamin dan mineral dalam alpukat bisa berkontribusi dalam memberikan kelembaban di rambut Anda. Selain itu, mineral di dalam alpukat juga bekerja dengan menutup kutikula, sehingga mencegah kerusakan rambut.

Untuk masker rambut minyak zaitun dan alpukat, Anda hanya perlu menediakan ½ buah alpukat matang dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campurkan minyak zaitun dengan buah alpukat yang sudah diblender terlebih dahulu.

  • Minyak zaitun dengan telur dan madu

Baik putih telur maupun kuning telur berkontribusi dalam memberikan dorongan bagi rambut Anda dan mengendalikan kerusakan rambut. Vitamin A, E, biotin, dan folat pada telur diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Siapkan 1 butir telur, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Kocok telur hingga merata lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya ke kulit kepala sebagai masker rambut.

  • Minyak zaitun dengan minyak pohon teh

Campuran masker rambut ini tidak hanya akan meluruskan rambut Anda, tetapi juga membantu mengatasi kemunculan ketombe di kulit kepala. Penelitian sudah membuktikan bahwa minyak pohon the berkontribusi dalam mengurangi ketombe.

Siapkan 2-4 sendok makan minyak zaitun. Kadar ini bisa disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Lalu, tambahkan 2-4 tetes minyak pohon teh ke larutan minyak zaitun. Aduk sampai merata sebelum dioleskan sebagai masker rambut.

Membuat masker rambut merupakan salah satu cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun yang paling sederhana. Anda bisa menyesuaikan campuran pada bahan masker dengan kondisi kesehatan rambut Anda saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *