Jenis Operasi Katarak yang Ada di SMEC Medan

SMEC Medan adalah rumah sakit khusus mata yang bisa menjadi rujukan kamu ketika ingin menjalani operasi katarak.

Operasi katarak di SMEC Medan ada beberapa jenis yaitu operasi Fakoemulsifikasi dan Femtosecond Laser Assisted Cataract Surgery.

Kedua jenis operasi ini jadi jenis terbaik untuk penanganan mata katarak. Jika kamu mungkin masih asing dengan kedua jenis operasi katarak ini mari sama-sama kita bahas. 

Jenis operasi katarak

Operasi katarak langkah satu-satunya untuk penyembuhan katarak supaya mata kembali dapat melihat dengan jelas. Dalam prosedurnya, dokter akan mengganti lapisan lensa yang keruh karena katarak dengan lensa buatan.

Seiring dengan berkembangnya dunia kedokteran, jenis operasi katarak pun ikut berkembang dengan alat-alat yang canggih dan prosedur yang lebih aman dan nyaman bagi pasien. Berikut ini beberapa jenis operasi katarak yang perlu kamu ketahui.

1. Operasi fakoemulsifikasi

Jenis operasi katarak yang pertama adalah operasi fakoemulsifikasi. Operasi katarak ini dilakukan dengan mengambil bagian depan lensa mata tanpa merusak bagian kapsul posterior.

Jangan takut, operasi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah prosedur fakoemulsifikasi dokter, akan memasang lensa IOL. Kesuksesan operasi fakoemulsifikasi juga memiliki kesuksesan yang tinggi.

Banyak pasien katarak mengaku kembali dapat melihat dengan jelas setelah menjalani operasi fakoemulsifikasi. Operasi ini juga sebaiknya dilakukan oleh mereka yang punya risiko tinggi terkena katarak, seperti penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Prosedur operasi fakoemulsifikasi 

Prosedurnya sendiri termasuk rawat jalan, dan biasanya berlangsung selama satu jam. Namun untuk pasien yang menderita katarak di kedua matanya perlu menunggu sekitar 2 minggu setelah operasi mata pertama. 

Apakah ada komplikasi dan risiko dari operasi fakoemulsifikasi?

Biasanya komplikasi terjadi bila pasien juga menderita penyakit mata lainnya. Beberapa komplikasi yang mungkin dialami antara lain:

  • Efek samping dari anestesi dan pendarahan
  • Peradangan pada bagian dalam bola mata
  • Retina terlepas, setelah pembedahan mungkin akan melihat bercak gelap pada mata. 
  • Mata terasa gatal
  • Keluar cairan dari mata
  • Katarak kambuh kembali
  • Glaukoma 
  • Edema kornea

2. Femtosecond Laser Assisted Cataract Surgery

Ini adalah salah satu operasi katarak yang canggih dengan menggunakan laser femtosecond dengan tingkat akurasi yang tinggi. Proses operasi juga seluruhnya dijalankan dengan laser bukan pisau bedah.

Laser yang digunakan adalah laser femtosecond, ini merupakan sinar infrared yang memiliki kemampuan memotong sangat akurat. Laser ini juga punya tingkat yang tidak terlalu panas.

Beberapa keunggulan dari operasi ini adalah pembuatan sayatan kornea lebih akurat, pembukaan kapsul lensa luar dengan tingkat akurasi tinggi sehingga meningkatkan ketepatan posisi IOL.

Jenis operasi katarak ini memberikan keamanan dan kenyamanan optimal bagi pasien. Ini karena Femtosecond Laser Assisted Cataract Surgery bekerja melindungi lapisan terdalam kornea.

Durasi operasi ini juga tidak berlangsung lama hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit per mata. Waktu penyembuhan pasien juga lebih cepat. 

Itulah jenis operasi katarak yang saat ini bisa jadi pilihan kamu di SMEC Medan. Selain teknik operasi katarak yang canggih, SMEC Medan juga didukung oleh dokter spesialis mata yang sudah berpengalaman dan sangat profesional.

Jika kamu ingin memeriksakan mata kamu dapat datang ke klinik SMEC Medan setiap hari, Senin sampai Minggu, untuk Senin sampai Rabu, klinik buka dari pukul 08.00 hingga 20.00 dan pada Kamis sampai Jumat jam operasional dari pukul 08.00 sampai 16.00. Untuk hari Minggu buka dari 08.00 hingga pukul 14.30.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *