Ketahui Cara Menggunakan Conditioner Rambut dengan Benar

Ketahui Cara Menggunakan Conditioner Rambut dengan Benar

Conditioner biasanya merupakan tahap perawatan kedua saat Anda mencuci rambut. Ketika sampo diformulasikan secara khusus untuk membersihkan keringat, sel kulit mati, dan produk perawatan rambut, conditioner akan membuat rambut menjadi lebih halus dan lebih mudah ditata. Conditioner juga akan melindungi batang rambut dari kerusakan. 

Kebanyakan produk sampo menggunakan zat kimia yang bersifat keras terhadap folikel rambut, menyebabkan rambut menjadi kering dan sulit ditata setelah keramas. Conditioner mengandung alkohol lemak, humektan, dan minyak untuk membuat rambut menjadi lebih halus dan fleksibel. Beberapa produk bahkan mengandung protein yang dengan sementara mengikat ujung bercabang, dan beberapa lainnya mengandung agen penebal untuk membuat rambut lebih tebal. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan conditioner rambut dengan benar.

Saat memilih sebuah produk conditioner, sangat penting bagi Anda untuk memiliki jenis produk yang cocok dengan jenis rambut dan kulit Anda. Formulasi yang berbeda akan menyediakan manfaat yang berbeda pula, sekaligus potensi efek samping yang berbeda. Adapun cara menggunakan conditioner rambut di antaranya adalah:

  • Keramas menggunakan sampo dan bilas hingga bersih
  • Tuangkan conditioner secukupnya sesuai dengan yang direkomendasikan dalam kemasan produk
  • Usap dan ratakan pada ujung rambut. Untuk rambut yang panjang, usap dan ratakan dari level dagu ke bawah. Jangan gunakan conditioner rambut pada kulit kepala Anda
  • Biarkan conditioner selama beberapa saat (atau ikuti petunjuk yang ada dalam kemasan produk). Biasanya selama kurang lebih 1 menit
  • Bilas conditioner hingga bersih

Selain produk conditioner bilas, ada pula “leave-in conditioner” yang dibuat secara khusus agar Anda tidak perlu membilasnya setelah dioleskan ke rambut. Conditioner jenis ini dibuat dengan bahan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan conditioner pada umumnya, sehingga tidak terlalu berat. Biasanya, leave-in conditioner dapat menggantikan conditioner yang Anda pakai di kamar mandi. Kebanyakan orang tidak perlu menggunakan keduanya, tetapi Anda bisa menggunakannya bersamaan apabila diinginkan. 

Produsen leave-in conditioner dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dengan cara menjaga produk berada pada rambut lebih lama, dan dapat menyediakan perlindungan terhadap panas sebelum Anda mengeringkannya menggunakan blow-dry. Rambut alami atau rambut dengan lebih tekstur dapat mendapatkan manfaat dari leave-in conditioner berkat ekstra pelembapnya. Untuk menggunakan leave-in conditioner, cara menggunakan conditioner rambut ini adalah:

  • Keringkan rambut dengan handuk secara perlahan untuk membersihkan air berlebih seusai keramas
  • Oleskan leave-in conditioner dengan mengikuti anjuran kemasan produk
  • Sisir rambut menggunakan jari. Hindari kulit kepala
  • Biarkan rambut kering dan tata seperti biasanya. Anda juga bisa menggunakan conditioner jenis ini sebelum tidur

Semua orang yang sering keramas mungkin perlu menggunakan conditioner dan tahu cara menggunakan conditioner rambut. Meskipun rambut Anda memproduksi conditioner alaminya yang disebut sebum, sampo akan membersihkan zat tersebut. Terutama apabila Anda memiliki rambut jenis kering, Anda perlu menggunakan conditioner dengan lebih sering. Mereka yang sering menata rambut menggunakan alat panas ataupun mewarnainya juga bisa mendapatkan manfaat cara menggunakan conditioner rambut dengan teratur. 

Meskipun demikian, menggunakan conditioner akan memberikan efek sampingnya sendiri. Misalnya, apabila Anda rentan menderita jerawat, penggunaan conditioner dapat menyebabkan jerawat apabila produk ini mengenai kulit. Produk ini juga dapat mengiritasi kulit kepala, dan memberikan sensasi seperti terbakar apabila terkena mata dan hidung. Untuk itulah, gunakan conditioner sesuai dengan petunjuk rekomendasi penggunaan yang ada pada kemasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *