Ketahui Fungsi USG di RS Puri Bunda Malang

RS Puri Bunda Malang

Pengertian USG

Ultrasonografi atau USG yang merupakan salah satu layanan prosedur medis di RS Puri Bunda Malang ini adalah tes medis yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menangkap gambar langsung dari dalam tubuh Anda. Hal ini juga dikenal sebagai sonografi.

Teknologinya mirip dengan yang digunakan oleh sonar dan radar, yang membantu militer mendeteksi pesawat dan kapal. Ultrasonografi memungkinkan dokter untuk melihat masalah pada organ dalam, pembuluh, dan jaringan tanpa perlu membuat sayatan.

Tidak seperti teknik pencitraan lainnya, USG tidak menggunakan radiasi. Untuk alasan ini, USG adalah metode yang disukai untuk melihat perkembangan janin selama masa kehamilan.

Ultrasonografi dapat digunakan untuk berbagai alasan selama kehamilan. Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan untuk melakukan lebih banyak prosedur USG jika mereka mendeteksi masalah pada USG atau tes darah sebelumnya. Ultrasonografi juga dapat dilakukan untuk alasan non-medis, seperti menentukan jenis kelamin bayi. Meskipun teknologi ultrasound aman untuk ibu dan anak, praktisi kesehatan tidak menyarankan penggunaan ultrasound jika tidak ada alasan atau manfaat medis.

Fungsi dan Tujuan USG

Tujuan melakukan USG yaitu agar dokter bisa mengetahui kondisi sesungguhnya dari organ dalam pasien. Selain itu, USG juga memudahkan untuk mengidentifikasi masalah yang berada di perut.

Jenis USG

Teknik ultrasound yang lebih canggih dapat digunakan saat memerlukan gambar yang lebih detail. Dengan teknik ultrasound yang lebih canggih, maka dokter memperoleh informasi yang diperlukan untuk membuat diagnosis jika mereka mendeteksi masalah pada USG tradisional Anda. 

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan jenis-jenis USG.

USG Transvaginal

Ultrasonografi transvaginal dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Ultrasonografi ini lebih mungkin digunakan selama tahap awal kehamilan, karena pengambilan gambar yang jelas mungkin lebih sulit dilakukan. Untuk tes ini, probe ultrasound kecil dimasukkan ke dalam vagina. Probe bersandar di bagian belakang vagina Anda saat gambar diambil.

USG 3-D

Tidak seperti USG 2-D tradisional, USG 3-D memungkinkan dokter Anda melihat lebar, tinggi, dan kedalaman janin dan organ Anda. Ultrasonografi ini dapat sangat membantu dalam mendiagnosis masalah yang dicurigai selama kehamilan. Ultrasonografi 3-D mengikuti prosedur yang sama seperti ultrasonografi standar, tetapi menggunakan probe dan perangkat lunak khusus untuk membuat gambar 3-D. USG 3-D ini membutuhkan pelatihan khusus untuk teknisi, jadi mungkin tidak tersedia secara luas. Diketahui, RS Puri Bunda Malang memiliki layanan prosedur medis USG 3D/4D.

USG 4-D

Ultrasonografi 4-D juga bisa disebut ultrasonografi 3-D dinamis. Tidak seperti USG lainnya, USG 4-D membuat video bergerak dari janin. USG 4-D bisa menciptakan citra wajah dan gerakan bayi yang lebih baik. USG 4-D juga mampu menangkap sorotan dan bayangan dengan lebih baik. Ultrasonografi ini dilakukan serupa dengan ultrasound lainnya, tetapi dengan peralatan khusus.

Ekokardiografi Janin

Ekokardiografi janin dilakukan jika dokter mencurigai bayi Anda memiliki kelainan jantung bawaan. Tes ini dapat dilakukan dengan cara yang mirip dengan USG kehamilan tradisional, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Ekokardiografi janin menangkap gambaran mendalam tentang jantung janin, yang nantinya akan menunjukkan ukuran, bentuk, dan struktur jantung. Ultrasonografi ini juga memberi gambaran kepada dokter Anda tentang bagaimana jantung bayi Anda berfungsi, yang dapat membantu dalam mendiagnosis masalah jantung.

Itu tadi penjelasan mengenai tujuan dan jenis-jenis USG yang dapat mendiagnosis kondisi janin selama kehamilan. Jika Anda ingin melakukan USG 3D/4D, Anda bisa mengunjungi rumah sakit seperti RS Puri Bunda Malang yang terletak di Jalan Simpang Sulfat Utara No. 60A Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *