Ketahui Tekanan Darah Dengan Aplikasi Cek Darah

Ketahui Tekanan Darah Dengan Aplikasi Cek Darah

Apabila Anda telah didiagnosa menderita tekanan darah tinggi, mungkin Anda akan selalu khawatir dan terus memikirkan bagaimana cara menurunkan angka tekanan darah tersebut. Karena itulah aplikasi cek darah bisa sangat bermanfaat agar Anda dapat terus memantau dan memastikan bahwa tekanan darah Anda berada pada rentang angka yang sehat. Tekanan darah tinggi mempengaruhi sekitar 77,9 juta, atau 1 dari 3, orang dewasa di Amerika Serikat. Dan 18,5 persen diantaranya tidak mengetahui bahwa diri mereka memiliki kondisi ini. Merupakan hal yang normal apabila ada kenaikan dan penurunan tekanan darah dalam sebuah hari. Namun, apabila tekanan darah tersebut tetap pada angka yang tinggi dalam waktu lama, kondisi yang dikenal dengan istilah hipertensi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan jantung dan penyakit lain yang berbahaya.

Anda perlu menggunakan aplikasi cek darah dengan rutin guna memantau kondisi tekanan darah tinggi. Ini dikarenakan hipertensi dapat memberikan tekanan berlebih pada dinding arteri, yang mana dapat merusak pembuluh darah dan organ tubuh. Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan serangan jantung ataupun stroke, aneurysm, gagal jantung, pembuluh darah yang melemah pada ginjal, hilangnya penglihatan, dan berkurangnya kemampuan untuk berpikir. Membuat perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Dokter dapat merekomendasikan olahraga dengan teratur, mengikuti diet yang sehat, menjaga berat badan yang sehat, mengatur stres, dan berhenti merokok. Akan tetapi, terkadang mengubah gaya hidup saja tidak cukup. Dan dokter dapat merekomendasikan obat-obatan untuk mengatur tekanan darah Anda. Hanya setengah dari orang-orang yang memiliki hipertensi dapat mengontrol kondisi mereka. Namun, ada banyak aplikasi cek darah yang dapat membantu Anda mengubah gaya hidup guna menurunkan tekanan darah, seperti:

  • Blood Pressure Companion

Aplikasi yang tersedia untuk iPhone ini dapat memantau tekanan darah, detak jantung, dan berat badan Anda. Aplikasi cek darah ini memiliki desain antarmuka yang bersih dan dapat digunakan untuk memberikan pantauan visual tekanand arah Anda lewat histogram, daftar, dan log. Aplikasi ini dapat memantau tekanan darah diastolic dan sistolik dalam sebuah bagan. Rata-rata tekanan arteri pada setiap pembacaan juga dapat diukur. Blood Pressure Companion mengijinkan Anda untuk membuat pengingat guna mengukur tekanan darah dan membuat janji bertemu dengan dokter. Apabila pembacaan tekanan darah menunjukkan angka yang tidak normal, Anda dapat dengan cepat dan efisien menentukan apa yang membuat tekanan darah naik dan menurunkannya. Menggunakan aplikasi cek darah ini, pengukuran tekanan darah dapat Anda bagi bersama dengan dokter.

  • Heart Habit

Aplikasi Heart Habit adalah sebuah cara kreatif, mudah, dan pintar untuk memantau dan mengatur risiko Anda menderita tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Apabila Anda pernah menderita serangan jantung atau stroke, aplikasi cek darah ini sangat cocok untuk Anda guna mengatur risiko di kemudian hari. Aplikasi ini dibuat berdasarkan kolaborasi antara dokter, ahli diet, dan apoteker dari Universitas Stanford, Universitas California di San Fransisco, Universitas California di Davis, dan Kaiser Permanente. Melalui konten edukatif, rekomendasi, dan pandangan serta trend seputar aktivitas dan pilihan gaya hidup, aplikasi cek darah ini dapat membantu Anda mendapatkan tekanan darah yang sempurna dan jantung yang sehat.

Dengan kedua aplikasi cek darah tersebut di atas, Anda dapat memantau kondisi tekanan darah, kesehatan jantung, dan berat badan. Dengan terus memantau ketiganya, Anda bisa mengetahui kapan harus mengurangi faktor risiko guna mencegah komplikasi berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *