Pedoman Memilih Foundation Make Up untuk Kulit Kering

Pedoman Memilih Foundation Make Up untuk Kulit Kering

Supaya tampilan semakin sedap dipandang, beberapa orang mulai mengaplikasikan make up pada berbagai macam kesempatan. Sebelum interview kerja, bertemu calon mertua, atau berdiri di atas panggung menghibur penonton. Semua aktivitas ini memerlukan make up yang bagus untuk menunjang penampilan. Riasan wajah, khususnya make up untuk kulit kering perlu diperhatikan lebih detail.

Nah, salah satu jenis make up yang paling penting digunakan adalah foundation. Foundation sendiri akan menutupi bagian wajah yang dirasa mengganggu penampilan seperti jerawat dan bekas-bekasnya. Namun, banyak yang belum tahu bagaimana cara memilih foundation make up untuk kulit kering. Nah, berikut ini adalah tipsnya. 

1.  Ketahui Jenis Kulit Anda Terlebih Dahulu

Sebelum memilih mana foundation terbaik yang bisa Anda gunakan, perlu untuk mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Ketahui kondisinya dengan cukup menyentuh dan merasakannya. Anda pemilik kulit kering tentu tidak disarankan menggunakan make up untuk kulit berminyak. 

Jika kulit anda kering, pilih produk make up yang mengandung pelembab. Formula moisturizer di dalamnya akan bekerja membasahi kulit terlebih dahulu sehingga make up bisa menempel lebih lama. 

Sementara itu, bagi Anda yang punya kulit berminyak bisa menggunakan jenis foundation apa saja. Namun, perlu pemilihan bedak yang tepat supaya make up bisa terkunci lama di wajah berminyak. Oleh karena itu, perlu gunakan bedak yang oil-based-free biar wajah tidak semakin jadi kilang minyak. 

Selain tipe kulit kering dan berminyak, ada pula jenis kulit kombinasi. Mereka yang punya kulit perpaduan kering dan berminyak ini perlu ketelitian lebih ekstra. Oleh karena itu, perlu kombinasi yang tepat saat mengaplikasikan foundation. Berikan pelembab pada area wajah yang dirasa kering saja. Hindari menggunakan foundation berlebihan pada daerah wajah yang berminyak. 

2. Hindari Foundation Beralkohol

Khusus bagi Anda yang punya masalah kulit berjerawat, hindari menggunakan foundation yang mengandung alkohol. Bahan aktif alkohol disinyalir mampu membuat jerawat semakin meradang. Tak hanya jerawat, foundation dengan kandungan Talc pun dilarang digunakan pada Anda yang sedang alami jerawat. Khusus Anda yang kulitnya kering, juga perlu menghindari jenis foundation dengan kandungan alkohol untuk menghindari semakin keringnya kulit Anda. 

3. Pilih Foundation Sesuai Warna Kulit 

Selain teksturnya, anda pemilik kulit kering perlu memperhatikan warna Foundation itu sendiri. Gunakan pedoman warna kulit leher sebagai batas warna yang sesuai untuk wajah. Bila ingin warnanya lebih cerah, disarankan untuk membeli foundation dengan shade satu tingkat lebih tinggi dibandingkan warna kulit Anda. 

4. Pilih Jenis Foundation Sesuai Tampilan yang Diinginkan

Tampilan make up ada banyak jenisnya. Ada jenis Matte finish, Dewi serta Semi matte finish. Setiap jenis tampilan ini punya ciri khas masing-masing. Nah, walau Anda pemilik kulit kering, bisa memilih jenis tampilan yang Anda suka. Sesuaikan dengan jenis tampilan yang Anda inginkan. Kemudian, pilih jenis make up yang bisa menghasilkan tampilan yang sesuai. 

5. Ketahui Cara Aplikasi Foundation Untuk Kulit Kering

Cara aplikasi make up untuk kulit kering berbeda pada kulit normal atau berminyak. Salah langkah sedikit, bisa membuat wajah jadi semakin bersisik. Perhatikan untuk selalu menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan foundation. Setelah itu, gunakan setting spray untuk mengunci base make up agar tahan lama. 

Selain itu, usahakan Anda pemilik kulit kering menggunakan skincare secara rutin agar kulit kerontang lebih terhidrasi. Dengan cara ini, foundation akan menempel lebih lama pada wajah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *