Mengenal Kandungan Acitral Sirup Obat Asam Lambung

Penyakit asam lambung tentu sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Rasa mual, pusing, lemas, nyeri ulu hati, nyeri lambung, hingga dada yang terasa panas membuat tubuh serba tidak enak. Berlebihnya asam lambung pada tubuh dapat menimbulkan luka pada lambung, usus dua belas jari hingga peradangan dinding lambung.

Penyakit asam lambung biasanya terjadi karena adanya masalah pada saluran pencernaan. Biasanya yang menyebabkan asam lambung naik adalah makan terlalu banyak, mengonsumsi makanan tertentu, langsung tidur atau berbaring sesudah makan, serta mengonsumsi minuman berkafein, soda dan alkohol.

Penyakit ini dapat segera diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat aktif tertentu untuk meredakan gejala. Berikut penjelasan mengenai penyakit asam lambung, obat Acitral sirup serta kandungannya yang dapat mengobati asam lambung.

Acitral suspensi adalah obat untuk membantu meringankan gejala maag seperti mual dan perut kembung

Penyakit asam lambung

Asam lambung merupakan zat berbentuk cair yang tidak berwarna yang diproduksi oleh lapisan perut. Sesuai namanya, senyawa ini sangat asam dan berfungsi untuk memecah makanan sehingga memudahkan dalam mencerna dan menyerap nutrisinya. 

Asam lambung sendiri bertugas sebagai pertahanan untuk melawan patogen dan mikroba yang masuk ke tubuh yang dapat menyebabkan Anda sakit. Asam lambung pada tubuh dirancang pada batas yang normal. Namun, jika asam lambung lebih sedikit atau berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit asam lambung dan berisiko bagi tubuh.

Penyakit asam lambung bisa terjadi karena kadar keasaman rendah atau kadar keasaman tinggi. Jika kadar keasaman atau kadar asam klorida rendah akan membuat makanan sulit dicerna sehingga berisiko pada gangguan pencernaan hingga mengakibatkan masalah kesehatan kronis.

Sebaliknya jika kadar asam klorida tinggi dapat menyebabkan sejumlah komplikasi penyakit, termasuk tukak lambung, luka pada usus dua belas jari, gastritis, dan penyakit refluks gastroesofageal atau GERD. Penyakit inilah yang biasa diderita oleh banyak orang.

Obat Acitral sirup

Obat Acitral sirup adalah obat yang diformulasikan untuk mengobati penyakit asam lambung akibat kelebihan asam lambung. Kondisi yang dapat diobati berupa tukak lambung dan tukak tukak duodenum, gastritis serta gejala penyakit asam lambung. Gejala-gejala tersebut biasanya mual, maag, perut kembung, nyeri pada ulu hati, dan nyeri lambung.

Obat Acitral sirup mengandung tiga zat aktif utama untuk meredakan gejala-gejala tersebut. obat ini merupakan obat bebas sehingga dapat dibeli tanpa melampirkan resep dokter. Mereka yang bisa mengonsumsinya mulai dari dewasa dan anak-anak berumur 6 sampai 12 tahun. Obat ini dapat diminum 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan dan menjelang tidur.

Kandungan obat Acitral sirup

Ada 3 Kandungan utama yang menjadi zat aktif dari obat Acitral sirup, ketiganya adalah:

  • Aluminium hidroksida

Aluminium hidroksida masuk dalam golongan obat antasida (obat untuk mengatasi gejala maag dan asam lambung). Kandungan ini dapat mengobati gejala seperti mulas, sakit perut, asam lambung, atau gangguan pencernaan asam. Zat ini bertugas menurunkan asam lambung dan juga mengurangi kadar fosfat pada orang dengan kondisi ginjal tertentu.

  • Magnesium hidroksida

Magnesium hidroksida bermanfaat untuk mengobati sembelit, sakit maag, dan sakit perut. Sama seperti aluminium hidroksida, obat ini juga golongan obat antasida untuk menurunkan asam lambung. Magnesium hidroksida disebut juga obat pencahar yang bekerja dengan menarik atau meningkatkan air ke usus untuk mempermudah gerakan usus sehingga dapat memperbanyak buang air besar.

  • Simethicone 

Simethicone digunakan untuk meredakan sakit atau nyeri di perut akibat kelebihan gas yang ada di perut dan usus. Tak hanya nyeri, gejala lainnya yang dapat diatasi seperti sendawa dan kembung. Kandungan simethicone dapat membantu memecah gelembung gas di usus. Caranya adalah dengan menurunkan tegangan pada gelembung gas, sehingga gelembung gas dapat terurai. Hal tersebut dapat memperlancar aliran gas dan gejala pun berkurang atau mereda.

Interaksi obat Acitral sirup

Obat Acitral sirup tidak disarankan atau diperkenankan untuk dikonsumsi bersama obat-obat tertentu karena dapat mempengaruhi fungsi dan efektivitas obat serta meningkatkan risiko efek samping. Obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan adalah:

  • Aspirin

Aspirin dan obat Acitral sirup yang mengandung zat aluminium hidroksida tidak boleh dikonsumsi bersama. Hal ini dapat menurunkan efektivitas aspirin untuk mengatasi nyeri.

  • Ergocalciferol

Kandungan magnesium hidroksida pada Acitral sirup jika diminum bersamaan dengan ergocalciferol bersama dapat meningkatkan kadar magnesium darah, terutama pada pasien dengan penurunan fungsi ginjal. Gejala yang mungkin timbul dari tingginya kadar magnesium seperti mual dan muntah, kemerahan, mengantuk, pusing, kebingungan, otot lemah, refleks berkurang, tekanan darah rendah, detak jantung lambat, serta gangguan pernapasan.

  • Asam askorbat

Mengonsumsi obat yang mengandung zat aktif asam askorbat bersama obat Acitral yang mengandung aluminium hidroksida tidak diperbolehkan karena dapat berakibat buruk. Penggunaan kedua obat tersebut secara bersamaan dapat menyebabkan keracunan pada pasien yang memiliki penyakit ginjal lanjut. Hal ini terjadi karena adanya gangguan kemampuan untuk membersihkan aluminium dari tubuh. Terlebih penggunaan bersama asam askorbat dalam dosis yang tinggi akan meningkatkan risiko keracunan aluminium.

Penyakit asam lambung dapat terbagi menjadi kekurangan asam lambung dan kelebihan asam lambung. Penyakit asam lambung yang umum digunakan adalah untuk menyebut penyakit asam lambung karena kelebihan asam lambung. Penyakit tersebut dapat diatasi dengan golongan obat antasida yang dapat Anda temukan di obat Acitral sirup.Anda bisa menemukan dan membeli obat Acitral sirup di Toko SehatQ bersama dengan promonya. Kunjungi Toko SehatQ melalui website SehatQ atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *