Pentingnya Fungsi Bimoarker Bagi Dunia Medis. Apa Saja?

Pernahkah Anda mendengar tentang biomarker? Dalam dunia medis, biomarker merupakan hal penting. Istilah biomarker digunakan sebagai penanda atau identitas molekuler yang dapat ditemukan di area tertentu dalam tubuh. Beberapa area tersebut mencakup darah, cairan, hingga jaringan tubuh. Biomarker terbagi menjadi biomarker paparan dan bomarker penyakit. Berikut akan dijelaskan fungsi biomaker dalam dunia medis. 

biomarker

Fungsi umum biomaker

Biomaker memiliki karakteristik unik dan digunakan sebagai penanda biologis seseorang. Biomaker diharapkan dapat membantu berbagai hal terutama di dunia medis kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi umum biomaker. 

  1. Digunakan sebagai uji klinis

Biomaker dapat digunakan untuk penggantiprogram pada uji klinis. Pada saat uji klinis, seseorang yang dijadikan program uji bisa saja menarik diri karena sebab tertentu. Untuk itulah biomaker berperan. Akan tetapi, tidak semua penanda biologis ini dimaksudkan sebagai pengganti maupun sebagai titik akhir sebab untuk menentukan titik akhir klinis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

  1. Digunakan sebagai pengembangan obat

Fungsi umum biomaker adalah untuk pengembangan obat. Informasi yang akurat dari tubuh pasien dibutuhkan saat mengobatinya. Berbagai informasi tersebut disebut sebagai biomaker. Penanda tubuh lain yang dapat dijadikan patokan adalah tekanan darah, suhu tubuh, dan hasil tes rontgen. Melalui biomaker maka diharapkan pengobatan yang dilakukan bisa lebih akurat. 

Fungsi biomaker paparan 

Biomarker paparan adalah tipe biomarker yang digunakan untuk memprediksi risiko penyakit. Beberapa fungsi biomarker paparan yaitu: 

  1. Menentukan bahan paparan dan faktor risiko 

Biomaker bisa berfungsi untuk memberikan informasi internal tubuh tentang kebenaran paapran bahan beracun tertentu yang menyebabkan penyakit pada tubuh seseorang. Tugas biomaker adalah mengukur kadar racun dalam tubuh dengan lebih akurat. Sampel akan diambil dari berbagai bagian tubuh seperti jaringan kuku, rambut, gigi, darah, dan urine. Hal tersebut akan membuat tingkat akurasi dalam mengukur kadar racun menjadi tinggi. Selain itu, biomaker juga berfungsi untuk mengetahui dampak serta perubahan akibat paparan yang mengenai tubuh. Para pakar kesehatan akan terbantu oleh biomaker dalam hal melihat berbagai faktor yang dapat membuat seseorang terkena suatu penyakit. 

  1. Menentukan penyebab penyakit

Biomaker juga berfungsi untuk menentukan penyebab penyakit. Walau bukanlah satu-satunya penentu, akan tetapi biomaker biasanya terkait dengan penyebab dari penyakit tertentu. Beberapa biomaker mewakili tahap-tahap langsung terkait pemicu gangguan kesehatan sedangkan penanda lainnya mewakili kaitan secara langsung.

  1. Menentukan kerentanan genetik

Biomaker juga dapat berfungsi untuk mengetahui sumber suatu penyakit secara lebih akurat. Informasi mengenai peran lingkungan, faktor genetik, serta riwayat keluarga merupakan hal penting dan dibutuhkan untuk megetahui proses penularan sebuah penyakit. Dengan adanya biomaker, maka para peneliti akan lebih muda untuk menentukan bahwa apakah faktor tertentu seperti genetik atau lingkungan dapat menaikkan serta menurunkan risiko seseorang terhadap suatu penyakit. Dengan biomaker, maka metode yang dipilih untuk penanganan pun diperkirakan akan lebih tepat. 

Fungsi biomaker penyakit 

Biomarker penyakit adaah tipe yang digunakan untuk mendeteksi, mendiagnosis, dan memantau perkembangan penyakit. Beberapa fungsi biomaker penyakit yaitu: 

  1. High-sensitivity cardiactroponin (hs-cTn)

Biomaker jenis ini dapat berfungsi untuk mendeteksi kerusakan jantung pada pasien dengan serangan jantung. 

  1. Carcinoembryonic Antigen (CEA)

Fungsi biomaker penyakit lainnya adalah CEA. Apa itu? CEA merupakan penanda tumor untuk beberapa jenis kanker. Tumor yang dapat dideteksi oleh CEA yaitu untuk kanker paru-paru, kanker ovarium, kanker payudara, kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker lambung, dan kanker usus besar. 

Pengembangan pengelolaan kesehatan dapat terus berevolusi lebih baik lagi dengan adanya biomarker. Penanda biologis berupa biomarker dapat membantu para dokter dan ilmuan untuk keperluan medis. Apabila Anda ingin mengetahui mengenai biomarker lebih lanjut, Anda dapat menanyakan hal tersebut melalui aplikasi SehatQ secara online. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *