Penuhi Kebutuhan Vitamin B2 agar Tetap Produktif dan Berenergi

Penuhi Kebutuhan Vitamin B2 agar Tetap Produktif dan Berenergi

Jika terdapat pertanyaan apakah vitamin B dan B2 itu berbeda atau tidak, mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

Pada dasarnya, vitamin B memiliki banyak varian. Kekurangan vitamin B varian tertentu dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, jika tubuh kekurangan vitamin B1, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit beri-beri. Lalu, bagaimana dengan vitamin B2? Apa saja fungsi vitamin B2 untuk kesehatan tubuh dan efek samping apa yang mungkin terjadi jika kekurangan vitamin tersebut?

Fungsi vitamin B2

Salah satu fungsi penting dari vitamin B2 adalah membantu pembentukan sel darah merah dan mendukung fungsi sel tubuh lain agar terus memberikan energi yang cukup selama satu hari penuh.

Ada pun fungsi lain dari vitamin B2 adalah membantu pemecahan lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh yang kemudian akan diubah menjadi energi. Jika kita mengonsumsi vitamin B2, maka energi kita akan berangsur-angsur meningkat.

Khususnya bagi ibu hamil, vitamin B2 harus terus tercukupi kebutuhannya. Pasalnya, kekurangan vitamin B2 akan berisiko memicu terjadinya hipertensi ketika kehamilan atau preeklamsia dan dapat membahayakan pertumbuhan janin.

Apa yang terjadi jika tubuh memiliki vitamin B2 dalam jumlah yang terlalu banyak?

Mengonsumsi apa pun jika dilakukan dalam porsi yang terlalu berlebihan akan berdampak negatif terhadap kesehatan. Hal tersebut juga berlaku jika kita mengonsumsi vitamin B2 dalam jumlah yang banyak.

Idealnya, jumlah vitamin yang dianjurkan untuk pria berusia lebih dari 19 tahun adalah sekitar 1,3 mg per hari dan 1,1 mg per hari bagi wanita dewasa. Kebutuhan vitamin B2 khusus untuk ibu hamil adalah sekitar 1,4 mg per hari dan 1,6 mg per hari bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Vitamin B2 ini dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, susu, daging, telur, dan sayuran hijau. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin B2 khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2 dalam tubuh. Namun, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu jika ingin mengonsumsi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *