Penyakit yang Mesti Diwaspadai ketika Ketiak Terasa Nyeri

Pernahkah Anda merasa ketiak terasa nyeri secara tiba-tiba? Rasa nyeri yang terasa di ketiak sebenarnya cukup wajar dirasakan mengingat lokasi tersebut merupakan area sensitif yang mudah terdampak jika bagian tubuh lain mengalami suatu gejala sakit. Pada umumnya, ketiak terasa nyeri karena Anda sedang mengalami peradangan, infeksi, ataupun iritasi kulit.

Ketiak rasa nyeri terasa di bagian tubuh yang satu ini, orang pun cenderung meremehkan. Padahal mesti diingat, ketiak merupakan area sensitif yang terbangun atas saraf, pembuluh darah, hingga kelenjar getah benih. Rasa nyeri di ketiak memang cukup umum dirasakan seseorang. Namun, rasa nyeri tersebut juga dapat mejadi penanda adanya komplikasi yang cukup serius pada tubuh Anda. Nyatanya ketiak terasa nyeri memang menjadi gejala beberapa penyakit serius, seperti di bawah ini.  

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, khususnya penyakit jantung koroner, umumnya ditandai dengan rasa tidak nyaman di bagian dada sebelah kiri. Namun ternyata, rasa nyeri akibat masalah kardiovaskular juga dapat terasa di bagian tubuh lain, seperti leher, rahang, punggung, dan tidak terkecuali ketiak.

Ketiak terasa nyeri yang menjadi penanda penyakit kardiovaskular umumnya dialami oleh perempuan. Ketika Anda merasa nyeri di ketiak terasa seperti hantaman benda tumpul, bisa jadi itu penanda adanya masalah jantung.

  • Kanker

Ketiak terasa nyeri yang terus-menerus dialami bisa jadi merupakan gejala kanker. Beberapa jenis kanker yang berkaitan erat dengan nyeri ketiak adalah kanker payidara, limfoma, ataupun leukemia, serta kanker sistem limfatik.

Nyeri di ketiak mudah terasa oleh penderita kanker karena terdapat kelenjar getah bening di ketiak. Di mana getah bening merupakan kelenjar yang terpaksa bekerja sangat keras ketika menghadapi sel kanker yang bersarang di tubuh bagian atas.

  • Kista

Kista merupakan benjolan yang tumbuh di bawah kulit. Benjolan ini dapat berisi udara, cairan, bahkan benda padat. Kista dapat tumbuh di mana saja.

Jika ia tumbuh di sekitar payudara ataupun bagian bawah lengan, salah satu gejalanya ada terasa nyeri di ketiak. Rasa nyeri terasa karena kista meninbulkan pembengkakan dan peradangan yang membuat nyeri.

  • Diabetes

Ketiak terasa nyeri juga dapat disebabkan oleh tingginya kadar gular darah. Penderita diabetes yang kerap merasa nyeri di bagian ketiak adalah penderita yang sudah lama mengalami penyakit kronis ini.

Rasa nyeri di ketiak akibat diabetes disebabkan bagian tubuh ini mengandung banyak saraf. Diabetes sendiri kerap memicu kerusakan saraf, tidak terkecuali di bagian di ketiak. Kerusakan inilah yang menyebabkan ketiak sering terasa terbakar akibat diabetes.

  • Herpes Zoster

Herpes zoster kerap dikenal dengan istilah cacar api. Penamaan cacar disematkan karena penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab cacar air, yaitu Varicella zoster. Perbedannya ketika Anda mengalami herpes zodter, bintil kulit berisi air yang timbul hanya tumbuh di salah satu sisi tubuh, tidak seperti cacar air yang lebih menyebar.

Salah satu gejala yang sering dialami penderita herpes zoster adalah ketiak terasa nyeri. Rasa nyeri yang ditimbulkan infeksi penyakit ini menimbulkan efek terbakar dan kesemutan di daerah yang terserang.

  • Penyakit Autoimun

Beberapa jenis masalah autoimun dapat berpengaruh pada tingkat kenyamanan di bagian ketiak. Khususnya ketika Anda mengalami masalah autoimun berjenis lupus, ketiak akan mudah terasa nyeri.

Paslanya, penyakit autoimun khususnya lupus cenderung memiliki kondisi jangka panjang yang membuat peradangan di seluruh tubuh. Peradangan tersebut juga akan mudah terjadi di kawasan kelenjar getah benih, salah satunya di bagian ketiak.

***

Karena itu, cobalah berkonsultasi ke dokter apabila Anda kerap mengalami ketiak terasa nyeri tanpa alasan yang jelas. Bisa jadi, rasa nyeri tersebut merupakan gejala dari penyakit lain yang harus segera ditangani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *