Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Memulai Program Hamil Anak Kedua

Mengandung dan melahirkan merupakan salah satu hal yang cukup berat bagi seorang wanita. Akan tetapi tidak sedikit wanita dan pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan anak kedua setelah melahirkan anak pertama mereka. Jika Anda juga ingin mencoba program hamil anak kedua ini, akan lebih baik jika Anda tahu beberapa hal penting berikut ini.

Beberapa Pertimbangan Sebelum Memulai Program Hamil Anak Kedua

  1. Lakukan program hamil anak kedua dengan selang usia

Setelah Anda melahirkan anak pertama, kondisi tubuh mungkin tidak sama. Disebabkan karena pada saat mengalami kehamilan yang pertama Anda akan kehilangan banyak vitamin dan nutrisi tubuh. Inilah yang menyebabkan kehamilan kedua harus diberi selang waktu.

Dengan selang waktu ini Anda membiarkan tubuh Anda untuk kembali ke kondisi semula dalam segi kebutuhan nutrisi tubuh. Bukan hanya itu, ketika Anda melahirkan secara normal, alat reproduksi Anda akan digunakan sebagai jalur lewat bayi. Dengan memberikan selang Asia, hal ini akan membuat kondisi saluran reproduksi kembali ke bentuknya semula.

  1. Pastikan Anda tahu cara menghindari kelahiran bayi prematur

Sangat penting bagi Anda untuk memberikan selang waktu setidaknya 18 bulan antara kehamilan ke-2 dan waktu kelahiran anak pertama. Hal ini disebabkan karena memiliki bayi terlalu cepat dapat membuat resiko bayi prematur menjadi lebih tinggi.

Bayi prematur lebih mudah muncul pada kehamilan kedua dengan jarak yang sempit karena jumlah nutrisi dalam tubuh yang dibutuhkan oleh bayi tidak bisa dicukupi. Untuk mencegah risiko kelahiran prematur, memberikan jarak kelahiran antara satu anak dengan anak yang lainnya juga penting untuk menghindari kelahiran dengan berat badan rendah ada bayi.

  1. Pastikan kondisi finansial mendukung

Selain mempersiapkan tubuh calon ibu, ketika Anda memutuskan untuk memperoleh kehamilan kedua sangat penting bagi Anda untuk memastikan kondisi finansial Anda mendukung. Yang dimaksud dengan kondisi finansial ini bukan kondisi finansial saat Anda memelihara dua bayi sekaligus. Melainkan perhatikan juga bagaimana kondisi keuangan di masa depan saat keduanya sudah mulai bersekolah.

  1. Kehamilan kedua makin sulit untuk didapatkan

Satu lagi hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda memulai program kehamilan untuk anak kedua Anda adalah mengenai sulit tidaknya cara mendapatkan anak kedua ini. Biasanya untuk mendapatkan anak kedua memang cukup mudah. 

Pada beberapa pasangan, ketika mereka sulit mendapatkan anak pertama mereka, mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan anak kedua. Akan tetapi, ada juga beberapa pasangan yang mengalami infertilitas setelah kehamilan pertama mereka. 

Inilah yang harus Anda perhatikan dan waspadai. Jika muncul beberapa indikasi sulitnya mendapatkan anak ke-2 ini segera hubungi dokter obgyn yang menangani Anda.

  1. Program anak kedua setelah keguguran

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda akan memiliki anak kedua adalah kondisi rahim pada saat perencanaan anak kedua ini. Ketika Anda mengalami keguguran pada kehamilan pertama Anda, merencanakan anak kedua dengan lebih teliti sangat penting untuk dilakukan.

Program hamil anak kedua dalam kondisi ini akan lebih baik dilakukan dengan sepengetahuan dokter dan konsultasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan rahim Anda siap dan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat serta kondisi tubuh yang berima untuk memulai program ini kembali. Hal ini disebabkan karena keguguran pada kehamilan pertama bisa disebabkan karena banyak hal, Salah satunya adalah ketidaksiapan tubuh ibu untuk pertumbuhan janin di dalamnya, jadi dengan konsultasi Anda akan lebih yakin dan siap untuk menerima kehamilan kedua Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *