Pola Makan yang Tepat, Bagian dari Obat Maag

Pola Makan yang Tepat, Bagian dari Obat Maag

Banyak dari kita yang mengenal nyeri lambung dengan sebutan maag. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut gastritis. Suatu gangguan yang melibatkan peradangan dan iritasi dinding lambung. Gangguan medis ini dapat terjadi tiba-tiba atau akut, ada juga yang berlangsung lama atau kronis.

Bagi kebanyakan orang, maag dianggap sebagai gangguan medis ringan dan akan reda dengan sendirinya. Namun, beberapa mengalami gejala yang berat, hingga terjadi luka di saluran pencernaan. Jika sudah demikian, tentu Anda tidak dapat menunggu gangguan tersebut menghilang, tapi perlu obat maag untuk mengatasinya.

Saat berbicara tentang obat maag, bukan hanya mencakup tablet atau sirup obat saja. Melainkan juga makanan yang dikonsumsi.

Asupan makanan memainkan peranan penting bagi kesehatan saluran pencernaan, serta tubuh secara umum. Sebagai contoh, maag dapat terjadi akibat konsumsi alkohol berkepanjangan atau konsumsi alkohol terlalu banyak dalam satu waktu. Oleh sebab itu, menghindari makanan tertentu dan menggantinya dengan pilihan makanan lain dapat membantu mengatasi kondisi medis yang satu ini.

Perbaikan asupan makanan sebagai bagian dari perawatan maag

Ada beberapa makanan yang dapat menjadi obat maag. Mengonsumsinya akan membantu untuk merawat gastritis serta mengurangi gejalanya.

Pilihan pertama jatuh pada jenis makanan yang kaya serat. Jenis makanan ini akan sangat membantu untuk memperbaiki kondisi maag yang Anda derita. Apel, oat, brokoli, dan wortel merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi.

Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Lemak yang tinggi dapat memperburuk peradangan pada lapisan lambung. Tapi, bukan berarti Anda harus menjadi seorang vegetarian. Daging tetap dapat dikonsumsi, tapi pilihlah ikan atau ayam dengan bagian yang sangat sedikit lemaknya, seperti dada. Ingat, goreng-gorengan juga termasuk jenis makanan yang perlu dibatasi ya!

Kondisi lambung yang iritasi juga sangat tidak bersahabat dengan asam. Maka, pilihlah makanan yang tidak asam, bahkan cenderung basa. Pilihan terbaik jatuh pada sayur-sayuran.

Meski demikian, Anda disarankan untuk mengonsumsi yoghurt, sebagai asupan probiotik yang sangat baik bagi pencernaan. Banyak orang terkecoh, rasa yoghurt yang asam kerap membuat orang mengira makanan ini tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag.

Di samping itu, Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas. Layaknya makanan asam, makanan pedas juga berpotensi memperburuk kondisi iritasi yang terjadi pada lambung Anda.

Tidak hanya makanan, Anda juga perlu lebih cermat dalam mengonsumsi minuman. Minuman bersoda dan mengandung kafein sebaiknya dihindari.

Merawat gastritis dengan obat maag

Perubahan pola makan dan jenis asupan makanan biasanya dapat menolong dalam perbaikan kondisi maag. Namun, jika Anda telah melakukannya selama seminggu dan masih tidak ada perbaikan, tandanya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Mereka yang menderita maag, terlebih dalam waktu yang lama, memang kadang membutuhkan perawatan untuk meredakan gejalanya. Biasanya dengan pemberian obat maag.

Obat maag yang diberikan oleh dokter akan disesuaikan dengan jenis gastritis yang terjadi serta tingkat keparahannya. Jenis obat yang diberikan antara lain antasida, proton-pump inhibitor (PPI), H2 blocker, serta antibiotik.

Antibiotik diberikan dalam rangkaian obat maag sebab gangguan medis ini dapat pula disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori.

Selain rangkaian obat tersebut, dokter sudah pasti akan menyarankan perubahan gaya hidup, termasuk menerapkan pola makan yang lebih sehat. Jadi, konsumsi obat maag dan pola makan yang sehat perlu dilakukan berdampingan jika Anda ingin mengatasi masalah gastritis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *