Poliklinik Mata RS Melati, Bisa Jadi Andalan Untuk Kesehatan Mata Anda

Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur. Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia, dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. Meski demikian, katarak pada usia muda atau bahkan anak-anak juga bisa terjadi. Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan berobat ke RS Melati.

Penyebab katarak yang paling umum adalah proses penuaan. Inilah mengapa mayoritas penderitanya adalah lansia. Walau begitu, ada juga beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan katarak pada lensa mata, seperti penyakit diabetes dan kebiasaan merokok.

Katarak dapat terbentuk pada salah satu mata saja atau bisa juga keduanya. Pada awal terbentuknya katarak, gejala yang muncul biasanya tidak begitu terasa. Namun, seiring berjalannya waktu, katarak dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, bahkan hingga mengakibatkan kebutaan.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab katarak.

  1. Proses penuaan

Saat mata menua, protein dan sel-sel mati yang ada pada lensa akan menumpuk dan membentuk gumpalan. Hal ini mengakibatkan lensa mata yang awalnya jernih secara perlahan menjadi berkabut, sehingga mengganggu penglihatan penderitanya.

  1. Diabetes

Diabetes juga merupakan salah satu penyebab katarak. Meningkatnya kadar gula darah dalam waktu yang lama akibat diabetes dapat menyebabkan lensa mata mengalami pembengkakan, sehingga memicu pembentukan katarak pada mata.

  1. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan Anda menderita katarak. Sebuah penelitan bahkan menyebutkan bahwa semakin sering Anda merokok, semakin besar pula peluang Anda untuk menderita katarak, bahkan di usia muda. Merokok dapat mengurangi cadangan antioksidan pada mata, sehingga menyebabkan oksidasi pada lensa mata. 

  1. Trauma fisik

Katarak juga dapat terjadi akibat cedera yang terjadi pada area sekitar mata. Cedera yang disebabkan oleh benturan atau tusukan pada mata dapat menyebabkan kerusakan kapsul yang menyelubungi lensa mata. Jika kapsul ini rusak, bagian dalam lensa mata dapat mengalami pembengkakan dan berubah menjadi keruh. Hal inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan katarak.

  1. Bawaan sejak lahir

Katarak kongenital atau katarak bawaan adalah katarak yang terbentuk sebelum kelahiran atau selama 1 tahun pertama kehidupan bayi. Umumnya, bayi dengan katarak tidak dapat melihat dengan normal dan memiliki kesulitan dalam mengontrol gerakan matanya secara benar. Katarak kongenital dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelahiran prematur, memiliki keluarga dengan riwayat katarak kongenital, dan juga infeksi yang diderita ibu selama masa kehamilan.

  1. Paparan sinar matahari langsung

Paparan sinar ultraviolet B, yang berasal dari sinar matahari langsung, dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan oksidasi pada lensa mata dan memicu terbentuknya katarak. Kebanyakan penyebab katarak bisa dihindari dengan pola hidup yang sehat. Dengan menjaga pola makan, memperbanyak konsumsi antioksidan, rutin berolahraga, dan tidak merokok, Anda bisa menghindari diabetes dan katarak sekaligus.

Untuk memperoleh diagnosis katarak, dokter mata akan menanyakan riwayat penyakit dan gejala apa saja yang dialami pasien. Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan pada mata pasien, diikuti dengan pemeriksaan penunjang seperti.

  • Tes ketajaman penglihatan. Dalam tes ini, pasien akan diminta membaca huruf dalam jarak 6 meter menggunakan satu mata, di mana di saat yang sama mata yang lain akan ditutup. Huruf yang ditampilkan akan semakin mengecil, hingga pasien tidak bisa membacanya dengan jelas.
  • Pemeriksaan slit-lamp (lampu celah). Pemeriksaan slit-lamp menggunakan mikroskop khusus yang dilengkapi cahaya untuk menerangi lensa, iris, dan kornea mata. Cahaya ini akan membantu dokter membedakan jenis katarak, baik itu katarak nuklir, katarak kortikal, ataupun katarak subkapsular.
  • Pemeriksaan retina mata. Dilakukan dengan memberikan obat tetes mata untuk membuat pupil membesar. Dengan bantuan alat khusus bernama oftalmoskop, dokter akan lebih mudah melihat kondisi retina.

Itulah beberapa tindakan terkait penyakit katarak yang bisa Anda dapatkan di RS Melati. Fasilitas kesehatan ini tentunya akan menunjang penyembuhan Anda. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan mata Anda di RS Melati, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *