Prosedur Reservasi Tes Covid-19 di Kimia Farma Manado

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, tes PCR maupun Antigen sangat diperlukan. Salah satunya sebagai syarat melakukan perjalanan udara. Salah satu laboratorium yang bisa melakukan tes Covid-19 ini adalah Kimia Farma Manado dan klinik di kota-kota lainnya.

Harga tes PCR sendiri sudah semakin turun sesuai dengan aturan pemerintah, yakni di kisaran 300 ribuan. 

Prosedur Melakukan Tes Swab PCR

Jadi, tes PCR ini menggunakan prosedur swab yang mana sampel diambil melalui tenggorokan atau hidung. Berikut prosedurnya.

  1. Melalui hidung

Pasien yang akan melakukan tes swab PCR melalui hidung biasanya akan diminta duduk terlebih dahulu. Petugas lalu meminta pasien untuk meniupkan nafas melalui hidung. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada sumbatan di hidung.

Lalu, petugas meminta mendongakkan kepala pada pasien. Kemudian, alat swab akan dimasukkan ke hidung. Alat swab ini berukuran 15 cm atau 6 inci dengan bagian ujung ada kapas dipilin.

Kemudian, secara perlahan alat ini akan dimasukkan ke lubang hidung sampai mentok ke nasofaring. Alat lalu akan diputar pelan beberapa kali agar cairan bisa terserap sempurna. 

Tentu pasien selama proses ini akan merasa sedikit tidak nyaman. Sampel akan dimasukkan di tabung kecil khusus berulir yang ditutup rapat. 

  1. Melalui tenggorokan

Setelah mengambil sampel dari hidung, maka akan dilanjut pengambilan sampel dari tenggorokan. 

Pertama, pasien akan diminta membuka mulut dengan lebar. Alat swab ini akan dimasukkan petugas ke mulut pasien hingga mencapai ke bagian belakang tenggorokan. 

Setelah itu, alat swab akan diputar beberapa kali secara perlahan. Perlu diperhatikan bahwa alat swab tidak boleh menyentuh lidah.

Setelah selesai, alat swab yang mengambil sampel dari tenggorokan ini akan dimasukkan ke cryotube atau tabung kecil khusus dan ditutup rapat.

Setelah pengambilan sampel ini, maka spesimen akan dibawa ke laboratorium untuk diuji. Sampel harus dijaga dengan baik suhunya agar tidak rusak sehingga hasilnya jadi tidak valid. 

Tahap pengujian biasanya dilakukan di laboratorium dengan prosedur RT-PCR. Spesimen akan ditelusuri apakah ada jejak genetik virus corona atau tidak di dalamnya. 

Sekarang hasil tes PCR ini akan keluar dalam waktu kurang dari 24 jam setelah melakukan pengambilan sampel. 

Tes Covid-19 di Kimia Farma Manado

Jika Anda ingin bepergian ke luar kota menggunakan transportasi udara, atau merasa mengalami berbagai gejala mirip Covid-19, maka bisa melakukan pemeriksaan. 

Ada beberapa tempat seperti rumah sakit atau klinik laboratorium untuk melakukan tes, salah satunya di Kimia Farma Manado.

Berikut beberapa langkah melakukan reservasi  melalui aplikasi Kimia Farma Mobile.

  • Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi Kimia Farma Mobile terlebih dahulu. Kemudian login dengan mengisi data yang diperlukan.
  • Lalu, di menu kategori, klik ikon Pemeriksaan Covid-19
  • Pilih Layanan Tes Covid-19 dan Klinik/Lab terdekat. Anda bisa memilih dan klik Ajukan pada klinik yang Anda inginkan
  • Kemudian, klik Tambah peserta. Lengkapi data diri yang diminta dan upload foto KTP
  • Silakan pilih tanggal dan waktu tes yang Anda inginkan
  • Pilih metode pembayaran, pilih Bayar Sekarang
  • Klik Tab klinik dan Lab pada menu Riwayat
  • Pilih Tab Reservasi untuk melihat E-ticket reservasi Covid-19
  • E-ticket ini yang perlu Anda tunjukkan pada petugas administrasi ketika jadwal pemeriksaan nantinya di Kimia Farma Manado atau Kimia Farma yang dipilih. 

Itulah beberapa langkah reservasi yang bisa dilakukan jika ingin melakukan pemeriksaan tes Covid-19. Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi atau website kesehatan untuk mengatur jadwal pemeriksaan Covid-19 di klinik Kimia Farma terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *