Prosedur Tes Hepatitis B Kimia Farma Cilegon

Anda mungkin sering mendengar sebuah penyakit hati yang disebut hepatitis. Ini adalah sebuah penyakit peradangan yang menyerang liver atau hati. Adapun yang memicu terjadinya peradangan ini bervariasi, mulai dari racun atau toksin, obat, bahan kimia, ataupun agen lain yang menyebabkan infeksi. Salah satu jenis hepatitis adalah hepatitis B, yang mana merupakan sebuah virus penyebab infeksi hati. Apabila dibiarkan saja dan tidak mendapatkan penanganan segera, hepatitis B dapat menyebabkan komplikasi parah dan bahkan berujung kematian. Untuk itulah tes screening hepatitis B di Kimia Farma Cilegon perlu dilakukan. 

Tes hepatitis B di Kimia Farma Cilegon cukup sederhana. Petugas medis dapat membuat diagnosis hepatitis B dengan menggunakan tes darah. Tes screening hepatitis B dapat direkomendasikan untuk orang-orang yang melakukan kontak dengan penderita hepatitis B, baru saja bepergian ke negara di mana penyakit hepatitis B umum dijumpai, menggunakan obat IV, baru saja mendapatkan dialisis ginjal, hamil, pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria lain, dan menderita HIV. Untuk memeriksa hepatitis B, dokter Anda akan melakukan beberapa tes darah. 

  • Tes hepatiis B surface antigen. Tes ini akan menunjukkan apakah Anda menular atau tidak. Hasil yang positif menunjukkan bahwa Anda memiliki hepatitis B dan dapat menyebarkan virus ini. Hasil yang negatif berarti saat ini Anda tidak memiliki virus hepatitis B. Tes ini tidak akan membedakan antara infeksi kronis dan akut. Tes ini digunakan bersama dengan tes hepatitis B lainnya untuk menentukan kondisi infeksi hepatitis B yang sedang Anda derita saat ini. 
  • Tes hepatitis B core antigen. Tes ini akan menunjukkan apakah saat ini Anda sedang terinfeksi HBV. Hasil positif biasanya berarti Anda memiliki hepatitis B akut ataupun kronis. Hasil positif juga dapat berarti Anda sedang dalam proses pemulihan hepatitis B akut. 
  • Tes hepatitis B surface antibody. Tes ini digunakan untuk memeriksa kekebalan tubuh HBV. Hasil yang positif berarti Anda kebal terhadap hepatitis B. Ada dua alasan mengapa suatu tes menunjukkan hasil yang positif. Anda telah mendapatkan vaksinasi atau Anda telah sembuh dari infeksi HBV akut dan tidak lagi menular. 
  • Tes fungsi hati. Tes fungsi hati sangat penting bagi para individu yang menderita hepatitis B atau penyakit hati lainnya. Tes fungsi hati akan memeriksa darah anda untuk melihat jumlah enzim yang dibuat oleh hati. Level enzim hati yang tinggi mengindikasikan adanya kerusakan atau peradangan pada hati. Hasil tersebut juga dapat membantu menentukan bagian hati mana yang berfungsi secara tidak normal. Jika hasil tes tersebut positif,  Anda membutuhkan pemeriksaan hepatitis B, C, atau infeksi hati lainnya. Virus hepatitis B dan C merupakan penyebab utama kerusakan hati di seluruh dunia. Anda juga akan mendapatkan pemeriksaan ultrasound hati atau tes pencitraan lainnya. 

Hepatitis B akut biasanya tidak membutuhkan perawatan khusus. Kebanyakan orang dapat mengatasi hepatitis akut dengan sendirinya. Namun, beristirahat dan hidrasi yang cukup dapat membantu pemulihan. Obat-obatan antivirus juga digunakan untuk merawat hepatitis B kronis. Obat tersebut akan membantu Anda dalam melawan virus, serta mengurangi risiko komplikasi hati di kemudian hari. Anda bisa membutuhkan transplantasi hati apabila hepatitis B telah merusak hati dengan parah. Transplantasi hati berarti dokter bedah akan mengangkat hati Anda dan menggantinya dengan hati dari seorang donor. Kebanyakan donor hati berasal dari orang yang sudah meninggal. Informasi lanjut seputar tes hepatitis B bisa Anda dapatkan di Kimia Farma Cilegon. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *