Rawat Bekas Jerawat dengan Erha Acne Spot Gel

Rawat Bekas Jerawat dengan Erha Acne Spot Gel

Istilah breakout mungkin sering Anda gunakan untuk menggambarkan semua bentuk jerawat. Padahal istilah ini tidak akurat karena tidak semua jenis jerawat menyebar ke seluruh kulit. 

Jerawat dapat dialami oleh siapa saja mulai dari remaja hingga orang dewasa, baik itu pria maupun wanita. Pada umumnya, jerawat dialami selama masa remaja karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. 

Namun, tingkat keparahan jerawat juga dapat dipengaruhi oleh faktor lainnya. Pori-pori yang tersumbat adalah penyebab utama yang menyebabkan jerawat muncul. Hal itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti:

  • kelebihan produksi minyak (sebum)
  • bakteri
  • sel kulit mati
  • rambut tumbuh ke dalam
  • radiasi sinar matahari
  • polusi.

Jenis Jerawat

  1. Jerawat non-inflamasi

Jerawat non-inflamasi adalah komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whiteheads). Jerawat blackheads dapat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Bagian atas pori-pori kulit tetap terbuka, meskipun sisanya tersumbat. Lalu, kumpulan dan sel kulit mati tersebut teroksidasi sehingga berwarna hitam.

Sementara itu, whiteheads terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Namun bagian atas pori-pori menutup, sehingga whiteheads akan menimbulkan tonjolan kecil di kulit. Whiteheads terletak lebih dalam epidermis sehingga tidak teroksidasi dan tetap berwarna putih.

Kedua jerawat jenis ini biasanya tidak menimbulkan peradangan pada wajah, namun jika menumpuk terlalu banyak dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri jerawat sehingga memicu inflamasi.

  1. Jerawat inflamasi

Jerawat yang berwarna merah, bengkak, dan berdarah disebut sebagai jerawat inflamasi. Jerawat ini disebabkan oleh penumpukan sebum, kotoran, dan sel kulit mati di wajah yang memicu pertumbuhan bakteri jerawat. 

Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi jauh di bawah permukaan kulit dan dapat menyebabkan bintik-bintik jerawat yang sakit dan sulit dihilangkan. Jerawat inflamasi juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Papula

Papula terjadi ketika dinding di sekitar pori-pori pecah karena peradangan parah. Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat yang berwarna merah muda. 

  • Pustula

Sama seperti papula, pustula juga bisa terbentuk ketika dinding di sekitar pori-pori Anda rusak. Perbedaannya, papula tidak mengandung nanah, sedangkan pustula berisi nanah. Benjolan pustula  akan terlihat keluar dari kulit dan berwarna merah dengan bintik kuning atau putih di puncak benjolan. 

  • Jerawat nodul

Nodul terjadi ketika pori-pori tersumbat sehingga bengkak dan iritasi. Jerawat ini tumbuh lebih besar dan terlihat seperti bisul karena letak nodul yang jauh di dalam permukaan kulit. Oleh karena letak nodul sangat dalam, biasanya Anda memerlukan bantuan dokter untuk membantu mengatasinya. 

  • Jerawat kista

Jerawat kista dapat muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh kombinasi bakteri, sebum, dan sel kulit mati. Penyumbatan terjadi jauh di dalam kulit dan lebih dalam dibandingkan jerawat nodul. Benjolan besar berwarna merah atau putih ini seringkali terasa nyeri saat disentuh. Jenis jerawat ini juga dapat meninggalkan bekas parut atau bopeng pada kulit wajah.

Merawat Bekas Jerawat

Seluruh jenis jerawat berpotensi meninggalkan bekas pada kulit Anda. Untuk menghilangkannya Anda memerlukan produk perawatan kulit. Erha Acne Spot Gel mengandung kombinasi bahan alami yang terbukti efektif merawat kulit dan memudarkan bekas jerawat. Produk ini mengandung:

  1. Sulfur bersifat antimikroba yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat, melepaskan lapisan luar sel kulit mati agar pori-pori agar tidak tersumbat, dan mengurangi produksi sebum wajah. 
  2. Asam salisilat yang mampu membersihkan kotoran yang menumpuk dalam pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan meredakan kemerahan pada jerawat.
  3. Niacinamide bersifat antiinflamasi yang mampu meredakan jerawat yang meradang dan menekan hiperpigmentasi. 
  4. Zinc gluconate bersifat antivirus dan antibakteri yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat.
  5. Hydroxine peroxide menurunkan inflamasi dan memudarkan bekas jerawat.
  6. Dipotassium glycyrrhizate yang mampu mencegah iritasi dan menenangkan kulit.
  7. Aloe vera kaya akan antioksidan mampu mencegah iritasi dan menenangkan kulit wajah.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan rangkaian produk ERHA Acne yaitu cuci muka dengan menggunakan ERHA Acneact Acne Cleanser Scrub Beta Plus. Kemudian aplikasikan produk ERHA Acneact Acne Clarifying Gel sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Setelah itu, gunakan ERHA Acneact Acne Spot Gel pada area bekas jerawat dan yang berjerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *