Resep Jamur Krispi Enoki Ala Ta Wan yang Enak dan Renyah

Jamur enoki merupakan jamur yang berasal dari Korea Selatan. Sebelumnya jamur ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena mengandung bakteri yang membahayakan tubuh, yaitu bakteri Listeria. Namun tidak semua jamur enoki berbahaya dan mengandung bakteri Listeria. Sehingga perlu kehati-hatian saat ingin mengolah jamur ini agar terhindar dari bakteri berbahaya Listeria. Sebelum kita membahas mengenai resep jamur krispi enoki yang enak ala Ta Wa, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara mengolah jamur enoki yang benar agar aman saat dikonsumsi.

Dalam mengolah jamur enoki kita harus sangat berhati- hati dan teliti. Pasalnya apabila pengolahan jamur ini tidak dilakukan secara tepat, dikhawatirkan bakteri Listeria pada jamur ini masih hidup dan membahayakan tubuh. Untuk dapat mengonsumsi jamur enoki dengan aman, cucilah jamur enoki dengan bersih dan tidak hanya itu saat proses memasak Anda juga perlu memperhatikan tingkat kematangan jamur. Pastikan Anda memasak jamur enoki hingga benar- benar matang untuk menghilangkan bakterinya. 

Resep jamur krispi yang enak tidak lembek dan berair

Selain itu, penyimpanan jamur enoki juga harus diperhatikan. Pasalnya bakteri pada jamur ini dapat mengkontaminasi makanan lain yang ada disekitarnya. Agar makanan lainnya tidak terkontaminasi, alangkah baiknya penyimpanannya dipisah dan diberikan wrapping agar aman dan tidak bercampur. Usahakan cuci sayuran atau buah segar sebelum disimpan.

Tips Membersihkan Jamur Enoki untuk Menghilangkan Bakteri

Sebelum mengolah jamur enoki, lakukan beberapa hal berikut untuk menghilangkan bakteri berbahaya yang menempel pada jamur:

  • Pastikan jamur enoki yang mau diolah telah dicuci dengan bersih. Usahakan untuk mencuci jamur enoki pada air bersih yang mengalir agar kotoran dan bakterinya hilang.
  • Selain itu, Anda juga bisa mencuci jamur enoki dengan air panas. Karena air panas dapat membantu membunuh bakteri pada jamur.
  • Masak jamur enoki pada air yang mendidih dan masak hingga matang. Jangan diangkat jika jamur belum benar- benar matang karena bisa saja bakteri yang pada jamur belum mati. Bakteri pada jamur enoki akan mati apabila dimasak pada suhu minimal 75 derajat celcius. 

Nah setelah mengetahui cara menyimpan dan mengolah jamur enoki dengan benar, Anda pun bisa mengolahnya  menjadi makanan yang enak dan sehat tentunya. Tak jauh beda dengan olahan jamur lainnya, jamur enoki juga bisa diolah menjadi jamur crispy yang enak. Berikut resep jamur crispy enoki ala Ta Wan.

Resep Jamur Crispy Enoki Ala Ta Wan 

Bahan:

  • 150 gram jamur enoki
  • 10 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung maizena
  • 5 bawang putih (cincang halus)
  • 2 butir telur
  • Garam
  • Lada

Langkah memasak jamur enoki crispy

  1. Cuci jamur enoki hingga bersih menggunakan air panas. Kemudian suwir- suwir jamur enoki.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan tepungnya. Masukan tepung terigu dan tepung maizena dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Kocok telur dan tambahkan cincangan bawang putih serta sedikit garam dan lada secukupnya.
  4. Panaskan minyak, celupkan jamur enoki ke dalam kocokan telur dan balurkan pada adonan tepung
  5. Goreng dengan api kecil dan tunggu hingga jamur berwarna emas kecoklatan. Kemudian tiriskan dan siap untuk disajikan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengolah jamur enoki menjadi makanan yang enak. Pastikan jamur telah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum disimpan ataupun dimasak agar bakteri yang ada pada jamur bisa hilang. Anda dapat mencoba resep jamur krispi enoki di atas untuk menikmati waktu santai Anda di rumah bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *