Tanda-tanda Ibu Akan melahirkan dalam Waktu Dekat

Secara umum setiap perempuan pasti pernah mengalami keputihan, termasuk ibu hamil yang juga mengalaminya. Kondisi ini bisa terjadi di awal kehamilan maupun di akhir masa kehamilan, keputihan tanda persalinan biasanya memiliki tersendiri. Hal ini sangat disarankan untuk diketahui agar nantinya baik ibu hamil maupun keluarga tidak keliru dalam mengambil keputusan.

Biasanya keputihan menjelang waktu persalinan tak berwarna putih jernis seperti biasanya, melainkan beberapa warna yang muncul seperti keruh kemerahan, cokelat atau merah muda. Terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali terhadap keputihan sebagai tanda waktu kelarihan sudah dekat.

Ciri Keputihan Tanda Persalinan

  1. Warna Keputihan Keruh, Seperti Darah

Ketika ibu hamil mengalami keputihan yang lebih cenderun kental pada dan berwarna cokelat keruh, ini menunjukkan tanda bahwa bayi tengah mencari jalan lahir, kondisi ini juga disebut dengan bloody show.

Munculnya bloody show sebagai akibat dari adanya peluruhan sumbaran lendir, lendir yang tersumbar bisa luruh sewaktu-waktu. Namun biasanya terjadi 12 hari menjelang persalinan, bentuknya seperti jeli dan terdapat gasir cokelat kemerahan, disebut juga lendir darah.

Lendir darah akan keluar sedikit demi sedikit hingga dalam jumlah yang banyak, namun jika kondisi ini terjadi pada kehamilan pertama maka persalinan bisa terjadi dalam beberapa hari setelah keadaan ini terjadi dan jika pada kehamilan kesekian persalinan terjadi dalam beberapa jam.

  • Kram dan Nyeri Punggung

Munculnya keputihan ini disertai dengan ibu hamil sering merasakan kram di selangkangan dan nyeri punggung. Kondisi ini terjadi karena otot dan juga persendian mengalami peregangan dan geseran, yang nantinya dipergunakan sebagai jalan lahir bayi.

  • Keputihan Lebih Banyak

Keputihan ini sangat normal terjadi di masa kehamilan, penyebabnya darah yang mengalir ke area serviks akan lebih banyak ketika masa kehamilan. Sehingga produksi lendir yang keluar dari jalan lahir aka semakin tinggi, keputihan ini terdiri dari sekresi leher rahim, sel-sel tua dari dinding vagina dan flora bakteri normal.

Keputihan yang menandakan waktu persalinan sudah dekat, pada umumnya akan memiliki warna putih atau putih memudah. Sementara itu volumenya akan meningkat seiring dengan waktu hari perkuaan (HPL) sudah dekat dan hal ini harus diperhatikan dengan seksama.

  • Bayi Terasa di Tubuh Bagian Bawah

Keputihan dengan kondisi bayi terasa seolah-olah sudah berada di bagian bawah, kondisi ini pada umumnya muncul ketika ibu hamil memasuki trimester ketiga. Posisi bayi sudah berada di bawah dan kepala bayi akan masuk panggul, dalam fase ini ibu hamil akan lebih sering buang air kecil dan keputihan akan semakin meningkat.

  • Sendi Terasa Longgar

Pada masa kehamilan, hormon relaksin membuat ligamen sedikit lebih longgar, hormon yang sama juga akan melonggarkan sendi menjelang persalinan dilakukan. Kondisi tersebut merupakan salah satu cara tubuh bereaksi untuk membuka panggul guna mempersiapkan jalan lahir si bayi.

  • Penipisan dan Pembukaan Serviks

Keputihan tanda persalinan selanjutnya ketika usia kehamilan masuk ke trimester ketiga, serviks akan mengalami peregangan dan menipis yang mana kondisi ini merupakan sebuah tanda bahwa bagian bawah rahim sudah bersiap untuk melakukan proses persalinan, serviks akan menipis juga mudah terbuka.

Semakin dekat waktu persalinan, maka pembukaan serviks juga akan semakin membesar, nantinya tenaga medis akan melakukan pemeriksaan pembukaan jalur lahir dengan menggunakan jari. Jika pembukaan sudah masuk 10cm, maka proses persalinan bisa dilakukan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *