Tetap Waspada Dengan Cedera Kepala Ringan

Cedera kepala ringan adalah cedera atau trauma pada kepala dan otak yang dapat memberikan dampak pada fungsi otak.

Cedera kepala adalah segala jenis cedera pada otak, tengkorak, atau kulit kepala Anda.  Mulai dari benjolan ringan atau memar hingga cedera otak traumatis. Cedera kepala yang umum termasuk gegar otak, patah tulang tengkorak, dan luka pada kulit kepala.

Sulit untuk menilai seberapa serius cedera kepala hanya dengan melihatnya. Namun, beberapa cedera kepala ringan mengeluarkan darah, sementara beberapa cedera besar tidak berdarah sama sekali.  Sangat penting untuk merawat semua cedera kepala dengan serius dan memeriksakannya ke dokter.

Cedera kepala ringan adalah cedera yang umum terjadi pada orang-orang dari segala usia dan jarang mengakibatkan kerusakan otak permanen. Penyebab paling umum dari cedera kepala ringan adalah jatuh, serangan, dan bertabrakan. Anak-anak lebih mungkin mengalami cedera kepala ringan karena mereka cenderung sangat aktif. 

Gejala-gejala cedera kepala ringan biasanya ringan dan berlangsung singkat, hal ini mungkin termasuk:

  • Sakit kepala ringan
  • Mual (merasa sakit)
  • Pusing ringan
  • Penglihatan kabur ringan

Jika gejala Anda atau anak Anda memburuk secara signifikan, Anda disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Kebanyakan orang yang datang ke rumah sakit karena cedera kepala ringan diizinkan untuk pulang ke rumah tidak lama setelahnya dan akan pulih sepenuhnya dalam beberapa hari.

Untuk 24 jam pertama setelah cedera, sangat penting untuk tetap bersama orang yang terluka untuk mengawasi setiap gejala baru yang berkembang. Penting juga untuk beristirahat, menghindari memperparah cedera dengan situasi penuh tekanan, dan hindari olahraga kontak sampai cedera kepala ringan sepenuhnya pulih.

Banyak cedera kepala ringan terjadi akibat dari kecelakaan yang sulit diprediksi atau dihindari. Tetapi terdapat cara untuk mengurangi resiko Anda atau anak Anda terkena cedera kepala ringan, seperti:

  • Menggunakan helm ketika bermain sepeda 
  • Menjaga kebersihan lantai serta tangga di rumah, untuk mengurangi resiko terjatuh
  • Menggunakan perlengkapan lengkap dan aman ketika melakukan olahraga

Cedera kepala ringan merupakan cedera yang akan sembuh setelah beberapa hari, namun jika gejalanya memburuk atau Anda mengalami gejala baru, segera kunjungi dokter. Jika Anda masih memiliki gejala dua minggu setelah cedera kepala ringan, Anda juga disarankan untuk berdiskusi dengan dokter Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *