Tips Membersihkan Perlengkapan Bayi Termasuk Cooler Bag ASI

Pemberian ASI eksklusif sebaiknya dilakukan selama 6 bulan pertama hingga bayi berusia 2 tahun. Akan tetapi, kesibukan bekerja dan hal lainnya, kerap membuat Anda tidak dapat memberikan ASI secara langsung, sehingga memerlukan pompa ASI, botol, hingga cooler bag ASI untuk tempat penyimpanan saat berada di luar rumah. 

Memilih cooler bag ASI harus tepat untuk menjaga kesegaran ASI perah

Akan tetapi, semua alat atau perlengkapan bayi tersebut harus Anda bersihkan secara rutin setiap harinya. Apabila proses pembersihannya salah atau malah mencucinya, maka hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan perlengkapan bayi.

1. Pompa ASI manual

Semua bagian pompa ASI manual yang bersentuhan dengan ASI, seperti botol, katup, dan pelindung payudara, harus dibersihkan setelah digunakan. Bagian pompa ASI dapat dibersihkan dengan cara membasuh kuman dan bakteri secara menyeluruh dengan sabun pencuci piring cair khusus botol bayi dan air hangat.

Tidak perlu membersihkan selang pompa ASI kecuali jika terkena ASI. Jika Anda mencuci tubing, pastikan menggantungnya hingga kering dengan sendirinya sebelum memasangnya ke pompa ASI. Jika tetesan air kecil (kondensasi) muncul di selang setelah Anda memompa, hidupkan pompa selama beberapa menit hingga selang mengering.

Alat sterilisasi tersedia untuk bagian pompa ASI, tetapi alat sterilisasi ini tidak memenuhi definisi sterilisasi FDA. Namun, alat ini dapat membersihkan bagian-bagian luar, yang cukup untuk membersihkan kuman-kuman yang ada di dalam pompa ASI manual.

2. Pompa ASI elektrik

Pompa ASI elektrik yang memiliki listrik dan baterai, harus dibersihkan dengan handuk kertas atau kain lembut setelah digunakan. Pompa listrik tidak boleh dimasukkan ke dalam air atau cairan lain untuk dibersihkan. Anda hanya bisa membersihkan botol dan selang saja. Gunakan mesin sterilisasi botol untuk membersihkannya. 

Anda juga harus menyimpan pompa ASI elektrik pada tempat yang kering dan aman. Pastikan kabel sudah dilepas atau dimatikan sebelum meninggalkannya. Hal ini mencegah terjadinya konsleting listrik dan menjaga pompa ASI elektrik tetap bersih.

3. Botol ASI

Botol ASI menjadi komponen yang sangat penting. Anda harus membersihkannya setiap hari. Setelah penggunaan, Anda dapat mencuci botol menggunakan air bersih dan sabun cuci khusus bayi. Jika sudah, Anda dapat langsung mengeringkannya dengan cara mengelap menggunakan tisu kertas dan menyimpannya di dalam lemari.

Selain itu, Anda juga membersihkan botol susu di dalam sterilizer, supaya semua kuman dan bakteri yang menempel benar-benar mati. Jika tidak memiliki sterilizer, cobalah untuk merebus botol ke dalam air panas. Pastikan semua botol sudah tidak ada kerak susu yang menempel, supaya tidak membuat sakit perut atau masalah kesehatan lainnya pada bayi.

4. Cooler Bag ASI

Selain botol dan pompa ASI hal yang tidak kalah untuk Anda bersihkan adalah cooler bag ASI. Tempat penyimpanan ini kerap digunakan pada saat Anda bepergian. Usai menggunakannya, pastikan Anda meletakkan semua yang ada di dalam pada tempatnya, termasuk ice gel. Selanjutnya, lap dan bersihkan permukaan bagian dalam cooler bag menggunakan tisu basah dan tisu kertas. Tutup kembali cooler bag supaya tidak ada kuman dan bakteri yang masuk ke dalamnya.

5. Dot susu

Pembersihan dot susu sebenarnya mirip dengan botol. Akan tetapi, membersihkan dot susu harus lebih berhati-hati. Dot yang digunakan dan didiamkan dalam waktu lama (tidak langsung dicuci) biasanya akan muncul kerak. Kerak ini kerap tidak disadari dan menempel pada permukaan dot. 

Apabila Anda tidak membersihkannya, maka dot bisa menjadi sarang bakteri untuk bayi. Anda dapat membersihkannya dengan cara merebus menggunakan air panas atau melakukan sterilisasi pada mesin.
Semua cara di atas wajib dilakukan untuk membersihkan semua perlengkapan bayi, mulai dari botol, pompa ASI hingga cooler bag ASI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *