Trik Simpel Cegah Polip Tenggorokan Menyerang

Trik Simpel Cegah Polip Tenggorokan Menyerang

Jangan menganggap enteng polip tenggorokan. Tumbuhnya lesi atau polip di bagian tenggorokan ini dapat menyebabkan pita suara Anda rusak secara permanen jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Anda pun akan mudah merasa lelah dan sakit di bagian leher apabila penyakit ini menimpa Anda. 

Banyak faktor yang bisa memicu munculnya polip di bagian tenggorokan Anda. Penyebab dari polip tenggorokan biasanya mengarah pada produksi suara yang terlalu keras secara berkesinambungan dengan teknik yang tidak tepat. Karena alasan inilah, orang-orang yang perprofesi sebagai penyanyi, penyiar radio, ataupun cheersleader kerap mengalami masalah pita suara yang satu ini. 

Selain banyak penyebab yang memungkinkan munculnya polip tenggorokan pada diri Anda, banyak cara pula untu mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa trik simpel yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pita suara dan mencegah munculnya polip tenggorokan. 

  1. Minum Banyak Air 

Setidaknya tiap orang mengonsumsi air putih sebanyak 2,5—3 liter tiap harinya. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak organ tubuh yang memerlukan air untuk menghindari peradangan dan menjaga kinerjanya, tidak terkecuali dengan tenggorokan. Mengonsumsi banyak air tiap hari dapat minimalkan risiko peradangan yang memunculkan polip di bagian tenggorokan Anda. 

  1. Hindari Asap Rokok 

Merokok dapat membuat pita suara dan tenggorokan mengalami iritasi dan peradangan yang berujung pada polip tenggorokan. Jadi untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan pita suara Anda, jauhilah rokok. Bukan hanya menghilangkan kebiasaan merokok, Anda mesti memastikan terhindar dari asap rokok agar tidak mudah terkena polip tenggorokan. 

  1. Batasi Asupan Alkohol dan Kafein 

Alkohol mudah membuat tenggorokan menjadi kering dan memicu peradangan yang berujung pada tumbuhnya lesi. Hal yang sama terjadi apabila Anda terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung kafein, seperti kopi, teh, ataupun cokelat. MulaI sekarang, batasi pengonsumsian alkohol dan kafein untuk bisa meminimalkan risiko mengalami polip tenggorokan. 

  1. Tidur Nyenyak 

Tidur yang cukup sebanyak 6—8 jam dalam sehari dapat menghindarkan Anda dari beragam masalah kesehatan, tidak terkecuali dari risiko terkena polip tenggorokan. Dengan tidur yang cukup, organ-organ tubuh pun akan lebih rileks dan mencegah terjadinya peradangan. Dengan begitu, risiko pertumbuhan lesi ataupun polip di berbagai bagian tubuh, tidak terkecuali di tenggorokan, juga dapat dihindari. 

  1. Kelola Stres 

Serin menjalani hobi yang disukai tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental. Pengelolaan stres dengan menjalankan hobi ternyata ampuh meminimalkan risiko polip tenggorokan menimpa Anda. Pasalnya dengan stres yang terkelola dengan baik, seluruh bagian tubuh akan lebih rileks dan tidak mudah mengalami iritasi. 

  1. Sering Cuci Tangan 

Kebiasaan mencuci tangan memiliki dampak yang baik pula untuk kesehatan tenggorokan dan produksi suara. Ini karena ketika Anda mencuci tangan, potensi kuman atau bakteri masuk ke mulut dan menimbulkan peradangan dapat diantisipasi. Risiko mengalami polip tenggorokan juga dapat ditekan. 

  1. Gunakan Humidifier

Menyalakan humidifier di rumah memiliki banyak manfaat. Salah satunya penggunaan alat ini dapat mengurangi risiko timbulnya polip tenggorokan. Udara yang lebih bersih dengan kuman-kuman yang tersaring membuat ancaman peradangan karena infeksi kuman dan bakteri bisa dikurangi. 

  1. Kurangi Berteriak 

Jangan berteriak apabila tidak perlu. Inilah kunci utama dalam menghindari serangan polip tenggorokan. Berteriak hanya akan membuat tenggorokan menegang sehingga memicu tumbuhnya lesi ataupun polip. Kalau memang harus bersuara keras, Anda patut mempertimbangkan menggunakna mikrofon. 

Tidak sulit bukan mencegah polip tenggorokan? Namun jika sudah telanjur terkena penyakit ini, jangan ragu untuk berobat ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan lekas sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *